Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepulauan Bangka Belitung Asep Maryono membuka secara resmi kegiatan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Pra Musrenbang) Tahun 2023 bertajuk "Penegakan Hukum yang Humanis untuk mendukung percepatan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Langkah awal dari perencanaan pembangunan pada tahun 2024 dimulai dari proses perencanaan dan penganggaran yang akan disampaikan, dituangkan, dan disusun menjadi draft RKA pada Satuan Kerja (Satker) Kejati Babel Tahun 2024," kata Kajati Babel Asep Maryono di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan Pra Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Tahun 2023 menjadi Forum Musyawarah wadah untuk mengevaluasi kinerja sepanjang tahun 2022 dan menghasilkan ide-ide dan memecahkan segala problematika yang dihadapi oleh Satuan Kerja di Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung maupun di Daerah untuk Tahun 2024.

Ketua Panitia Pra Musrenbang, Ichwan Effendi menyampaikan laporannya. Asisten Pembinaan (Asbin) Kejati Babel menyampaikan bahwa kegiatan Pra Musrenbang adalah sebagai tindak lanjut Surat Jaksa Agung Muda Pembinaan Nomor : B-189/C/Cr.2/03/2023 tanggal 8 Maret 2023 perihal pelaksanaan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2023.

"Dimana disela-sela tugas utama sebagai pelaksana kekuasaan negara di bidang penuntutan, diharapkan juga dapat adaptif dalam mengelola keuangan negara di lingkungan Kejaksaan," katanya.

Ia menjelaskan dalam hal pengelolaan keuangan itu dilakukan dengan memadukan proses perencanaan dan penganggaran agar sejalan dengan arah pembangunan Kejaksaan dalam rencana strategis dan rencana kerja Kejaksaan serta arah kebijakan dan sasaran pembangunan nasional.

Kajati Asep Maryono berharap dalam Pra Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Tahun 2023 ini dapat menjadi forum musyawarah persiapan atau transisi untuk pelaksanaan siklus baru rapat-rapat pengambil kebijakan pimpinan yang senantiasa bertitik tolak dan selaras dengan RPJMN 2020-2024 dan RKP setiap tahunnya.

Usai menyampaikan harapannya, pada kesempatan yang sama Kajati Kepulauan Babel Asep Maryono resmi membuka kegiatan Pra Musrenbang dengan pemukulan gong.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Kajati (Wakajati) Dwi Setyo Budi Utomo, Para Asisten dan Kordinator di lingkungan Kejati Babel. Tampak juga, seluruh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) beserta Kepala Subbagian Pembinaan (Kasubbagbin) Kejari di wilayah hukum Kajati Babel.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023