Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjaring 152 pelajar tingkat SLTA sederajat untuk menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada HUT RI 2023.

Pelaksana Tugas (PLT) Kesbangpol Kabupaten Bangka M Nursi di Sungailiat, Jumat, mengatakan dari 152 calon peserta yang mendapat kesempatan mengikuti seleksi, nantinya hanya dipilih sebanyak 36 peserta.

"Dari 36 orang yang terpilih ditetapkan menjadi peserta Paskibraka masing - masing 20 orang putra dan 16 putri," kata dia.

Jadwal penjaringan atau seleksi ditetapkan pada tanggal 8 sampai 10 Mei 2023 dengan materi seleksi pendidikan baris berbaris, Kesamaptaan dan Kepribadian.

Baca juga: Sekda Babel: Paskibraka harus jadi pionir berkarakter Pancasila

Puluhan orang yang ditetapkan sebagai peserta Paskibraka akan mendapat tugas yang berat mengibarkan dan menurunkan bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia ke - 77 mendatang.

"Paskibraka cukup diminati oleh pelajar tingkat SLTA sederajat, karena diketahui peserta pendaftar sebelumnya mencapai 279 peserta yang terdiri dari 172 putra dan 107 putri, namun hanya 152 yang memperoleh kesempatan mengikuti seleksi lanjutan," kata Nursi.

Untuk mendapatkan peserta Paskibraka yang benar-benar berkualitas dari berbagai aspek kata Nursi, pihaknya melibatkan tim seleksi dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka, unsur TNI-Polri, dan akademi.

Menurutnya dari 36 orang yang sudah ditetapkan menjadi peserta Paskibraka, akan diseleksi kembali untuk memilih enam orang menjadi peserta Paskibraka di tingkat provinsi kepulauan Bangka Belitung.

Baca juga: Bupati Belitung kukuhkan 32 anggota Paskibraka

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023