Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berkomitmen membentuk kampung keluarga berkualitas di setiap desa.

"Kampung keluarga berkualitas merupakan program strategis kami dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Belitung Timur Burhanuddin di Manggar, Kamis.

Bupati menjelaskan di antara langkah strategis dalam menjalankan program kampung keluarga berkualitas adalah dengan membentuk kelompok kerja (pokja). 

"Pokja ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat melalui program keluarga berencana yang terintegritasi dengan sektor pembangunan lainnya," ujarnya.

Baca juga: Bangka Barat kuatkan Kampung KB bentuk keluarga sejahtera

Ia menghimbau seluruh desa dapat membentuk pokja kampung keluarga berkualitas sehingga kegiatan bisa dilakukan secara terorganisir.

"Pokja kampung keluarga berkualitas yang telah terbentuk di seluruh desa dapat melakukan pengkajian ulang terhadap program dan kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya," ujarnya.

Bupati mengatakan, kegiatan kampung keluarga berkualitas harus berbasis pada kebutuhan masyarakat dan mempertimbangkan berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan program, seperti faktor sosial, budaya dan lingkungan. 

Baca juga: BKKBN gandeng aplikasi pengasuhan anak percepat penurunan stunting

"Saya juga menekankan pentingnya kolaborasi dan keterlibatan aktif masyarakat dalam pelaksanaan program dan kegiatan di Kampung KB," ujarnya.

Ia berharap seluruh jajaran pemerintah desa dapat mengoptimalkan pelaksanaan program dan kegiatan di kampung keluargs berkualitas dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat.

"Saya berharap program kampung keluarga berkualitas ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Belitung Timur yang lebih baik, serta terciptanya masyarakat yang sejahtera dan berkualitas," ujarnya.

Baca juga: Bangka Barat giatkan program dapur sehat desa atasi kekerdilan

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023