BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meresmikan sekolah lansia bersahabat (Selabat) Melati sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah dalam memberdayakan lansia di daerah.

"Saat ini perkembangan lansia cukup  meningkat setiap tahun sehingga usia harapan hidup juga terus meningkat. Sekolah lansia menjadi wadah pembelajaran bagi lansia potensial dalam keluarga dan masyarakat guna mewujudkan lansia yang sehat mandiri aktif produktif dan bermartabat (Smart)," kata inspektur utama (irtama) BKKBN, Ari Dwikora Tono usai meresmikan sekolah lansia Selabat Melati di Pangkalpinang, Senin.

Dwikora mengatakan pemerintah pusat dan daerah menempatkan kebijakan pembangunan keluarga melalui ketahanan dan kesejahteraan keluarga dan kebijakan ini dilakukan dengan pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar berguna bagi masyarakat dan berperan bagi kehidupan keluarga dan masyarakat.
 

Sekolah lansia mencanangkan program 7 dimensi yang dituangkan dalam buku panduan agar lansia tangguh, spiritual, fisik, emosional, intelektual sosial kemasyarakatan, profesional dan lingkungan.

Buku panduan untuk sekolah lansia sebagai tindaklanjut dari kesepakatan bersama antara BKKBN dengan Yayasan Indonesia Ramah Lansia. Berdasarkan data BPS sensus 2020 jumlah lansia ada 26,42 juta jiwa atau 9,92 persen dari seluruh jumlah penduduk Indonesia.

Kita menuju era penduduk menua karena jumlah penduduk lansia hampir mencapai 10 persen sehingga kita gencar dalam pembangunan kesehatan dan sosial ekonomi.

"Berbagai kebijakan kita wujudkan karena lansia yang smart perlu terus di edukasi agar mereka mandiri dan berinovasi. Mari kita berdayakan lansia sehingga tidak menjadi beban keluarga dan masyarakat," ujarnya.
 

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fazar Supriyadi Sentosa menambahkan, ada tujuh kader yang ditempatkan di sekolah lansia dan mereka sangat berpengalaman untuk memberi pembinaan kepada lansia agar sekolah lansia juga semakin maju.

"Ini sekolah lansia pertama di Babel dan sisanya baru 20 orang. Bertahap kita akan bangun satu kabupaten satu sekolah sehingga merata agar para lansia bahagia, lebih produktif dan umurnya lebih panjang," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023