Bukti nyata bahwa BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk masyarakat. Untuk itu, Wakil Bupati Kabupaten Belitung Isyak Meirobie mengajak seluruh warganya untuk menjadi anggota BPJS ketenagakerjaan. Hal ini disampaikan ketika beliau berkunjung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Belitung Tanjung Pandan.

"Bpjstk itu seperti payung saat hujan, memberikan perlindungan saat bekerja lebih fokus dan konsisten tanpa adanya rasa cemas untuk keluarga akan lebih bahagia “Ucap Wabup Belitung.

Bapak Wabup yang juga sebagai atlet golf juga langsung mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena atlet juga rentan terhadap resiko, sehingga diharapkan para atlet dapat berprestasi tanpa rasa cemas.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Belitung Tanjung Pandan, Rustina mengatakan bukan hanya pekerja penerima upah saja, BPJS Ketenagakerjaan kini dapat dirasakan oleh kalangan masyarakat biasa. Untuk masyarakat biasa dapat menjadi peserta dengan katagori peserta bukan penerima upah (BPU). Iuran yang dibayarkan mulai dari Rp 16.800/bulan dengan 2 program (JKK & JKM ) dan Iuran Rp 36.800/bulan dengan 3 program (JKK, JKM & JHT).

"Manfaat yang dapat dirasakan tidak berbeda dengan mereka yang bekerja di perusahaan atau katagori pekerja penerima upah," ujar Rustina.

Manfaat lain yang bisa didapatkan pada program BPU ini, kata Dia, apabila pekerja mengalami risiko meninggal dunia, maka anak yang ditinggalkan berhak mendapatkan beasiswa pendidikan maksimal Rp174.000.000 untuk santunan beasiswa 2 orang anak.

"Ayo bergabung menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan, agar dapat menikmati #kerjaKerasBebasCemas," katanya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023