Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  mempercepat proses perbaikan Pasar Tradisional Parittiga guna meningkatkan kualitas pelayanan bagi pedagang dan masyarakat setempat.

"Kami lakukan akselerasi pembangunan pasar tradisional ini untuk menjawab berbagai keluhan masyarakat, kami berharap bisa segera direalisasikan agar pasar semakin aman, nyaman dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming di Mentok, Rabu.

Sebagai langkah awal, kata dia, pada akhir tahun lalu Pemkab Bangka barat telah menyiapkan desain perencanaan rehabilitasi pasar lengkap dengan penyediaan fasilitas pendukung.

"Kemarin kami juga telah meninjau ulang ke Pasar Parittiga untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar, menghitung detail luas tanah, area, serta rencana rekonstruksi pasar," katanya.

Melalui kunjungan tersebut diharapkan mampu mempercepat proses perencanaan pembangunan pasar tradisional sehingga kualitas dan pelayanan bagi para pedagang serta masyarakat setempat semakin meningkat.

Upaya perbaikan pasar tradisional ini, katanya merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memperbaiki infrastruktur dan meningkatkan kualitas pasar tradisional.

"Kita sedang memperbaiki agar tidak ada lagi pedagang yang tidak mendapatkan meja, pedagang nyaman, pembelinya juga terfasilitasi dan pastinya merasa nyaman," katanya.

Pemerintah daerah memilih Kecamatan Parittiga sebagai prioritas dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang dan memberikan dukungan kepada para pedagang lokal.

Ia berharap pasar tradisional Parittiga dapat segera direvitalisasi dan direncanakan untuk dibangun pada tahun ini.

Sebelumnya, Pemkab Bangka Barat telah membangun Mushala di wilayah pasar tersebut.

Dengan pembangunan pasar tradisional yang dipercepat diharapkan bisa mengatasi beberapa permasalahan yang ada, seperti jalan berlubang, pasar becek, saluran air tidak lancar, penataan pedagang yang belum tuntas dan lainnya di Pasar Parittiga.

"Kami berharap ke depan pasar itu bisa lebih modern, bersih, dan nyaman sehingga perekonomian masyarakat terus bergerak membaik," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023