Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu mengajak TNI-Polri netral, dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024. 

"Sebentar lagi kita akan memasuki pelaksanaan pemilu serentak, kemarin kita sudah menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dan juga naskah hibah Pemerintah Daerah kepada Bawaslu, artinya kita Pemerintah Provinsi bersama TNI-Polri dan Unsur Forkopimda lainnya siap mensukseskan pemilihan umum," kata Pj Gubernur Suganda di Pangkalpinang, Jum'at.

Ia menegaskan untuk itu mari patuhi  aturan dan harus dalam posisi netral, karena sudah jelas secara aturan bahwa TNI-Polri serta ASN harus dalam posisi netral. 

Ia menyampaikan bahwa kegiatan olahraga bersama yang dilaksanakan ini pun menjadi cerminan bahwa Pemerintah Provinsi bersama TNI-Polri dan unsur Forkopimda lainnya siap bersinergi dalam berbagai hal, termasuk mensukseskan pemilu. 

Baca juga: Pj Gubernur Suganda siap perjuangkan Babel jadi tuan rumah Penas KTNA 2026

Baca juga: Pj Gubernur Suganda sambut baik audiensi INYS

Saat ditanyai tentang kesiapan menyukseskan pemilu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Babel Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Yan Sultra menambahkan terkait kesiapan menyukseskan Pemilu akan menurunkan 2/3 kekuatan yang ada guna memastikan keamanan pelaksanaan pemilu mendatang. 

"Kita saat ini masih terus berkoordinasi dengan KPU, berapa jumlah TPS yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, dari sanalah kita bisa memperhitungkan personil yang siap diturunkan untuk mengawal dan mengamankan jalannya pemilu, yang jelas kita mempersiapkan 2/3 kekuatan untuk diturunkan," katanya. 

Sementara itu kegiatan olahraga bersama unsur Forkopimda ini diinisiasi oleh Komandan Korem (Danrem) 045/Gaya Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Agustinus Dedy Prasetyo sebagai kegiatan yang diharapkan akan berkesinambungan, dengan berbagai cabang olahraga yang di adakan seperti bersepeda, jalan santai, senam, futsal, tenis meja, dan lain-lain, dengan tujuan menjalin kekompakan tiap unsur aparat demi menjaga sinergi forkopimda. 

Baca juga: Pj Suganda tak ingin jumlah kepala OPD perempuan dan laki-Laki terlalu timpang

Baca juga: Babel berikan penghargaan ke 16 perempuan inspiratif

"Kegiatan ini akan kita laksanakan berkesinambungan, secara bergantian mungkin nanti penyelenggaranya Polda, atau Pemda, yang jelas olahraga bersama ini untuk membangun dan menjaga kekompakan, kalau semua kompak aparat kompak, masyarakat kompak, Bangka Belitung akan aman," katanya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023