Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Naziarto mendukung diseminasi Kongres Bahasa Indonesia XII, sebagai langkah untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. 

"Kegiatan diseminasi ini dapat menjadi langkah awal untuk menyebarluaskan informasi bagi masyarakat, khususnya masyarakat Bangka Belitung jelang Kongres Bahasa Indonesia ke-12 mendatang," kata Sekda Babel Naziarto di Pangkalpinang, Senin. 

Ia mengatakan selain sebagai bahasa persatuan dan pemersatu bangsa, Bahasa Indonesia juga merupakan perekat budaya yang telah berkembang menjadi identitas membudaya bagi masyarakat Indonesia, bahkan mulai dikenal dan dipelajari masyarakat luar negeri. 

"Hal di atas selaras dengan tema yang diangkat kongres kali ini, yakni "Literasi Kebhinekaan untuk Kemajuan Bangsa", di mana secara otomatis seluruh Warga Negara Indonesia mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia, dengan memperhatikan budaya-budaya yang ada," katanya. 

Ia menyampaikan walaupun kita berbeda suku dan agama, tetapi tetap dalam satu bingkai kebhinekaan, dalam satu kesatuan. 

"Yuk, kita hargai bahasa sendiri, apakah itu Bahasa Indonesia, atau bahasa daerah kita, ini penting untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa kita," imbuhnya.

Ia menambahkan faktor "RTW" juga perlu diperhitungkan dalam pergaulan, yakni ruang, tempat dan waktu, di mana penggunaan bahasa yang tepat memudahkan kita dalam pendekatan komunikasi, sehingga orang akan memahami apa yang kita sampaikan, dan tidak terjadi kesalahpahaman.

Sementara itu diselenggarakannya kegiatan Diseminasi Kongres Bahasa di Pangkalpinang oleh pihak Lembaga Kebahasaan mendapat dukungan dan apresiasi Pemprov Babel, bahkan sejak dari awal.

"Dari awal, pemprov sudah menyosialisasikan kegiatan kongres Bahasa Indonesia ke-12 pada tanggal 26-28 Oktober 2023 mendatang. Kita juga menginginkan agar kongres nantinya berhasil dengan baik. Untuk itu, pada tingkat kabupaten/kota pun baiknya memulai kegiatan seperti ini, sehingga hasil-hasil dari diseminasi dapat dibawa ke kongres sebagai pionir keinginan dari daerah demi kemajuan Bahasa Indonesia," katanya. 

Kepala Kantor Bahasa Babel Muhammad Irsan menyampaikan bahwa diseminasi ini dilakukan oleh seluruh balai dan kantor bahasa yang ada di Indonesia. Tujuan dari acara ini tidak lain untuk menyebarluaskan informasi tentang diselenggarakannya Kongres Bahasa Indonesia XII pada tanggal tanggal 26-28 Oktober 2023 mendatang.

"Informasi mengenai kongres ke-12 harapannya dapat sampai ke masyarakat, terutama insan media yang bisa menyebarluaskannya kembali kepada masyarakat secara umum, seperti yang disampaikan pak sekda, bisa sampai ke kabupaten/kota yang ada di Babel," katanya.

"Harapannya, agar masyarakat tahu tentang kongres ini, kemudian berkeinginan untuk mengikuti Kongres Bahasa Indonesia ke-12, tentunya dengan berbagai persyaratan yang diberikan panitia, yang salah satunya dengan pembuatan makalah," jelasnya.

Ia mengatakan kegiatan ini juga telah di dukung oleh Pemprov Babel. Salah satu bentuk dukungan yakni dengan memberikan bantuan hibah tanah yang terletak di komplek perkantoran gubernur, kepada Lembaga Kantor Bahasa.

"Selama ini pemprov melihat bahwa peran Kantor Bahasa di dalam pendidikan, kebahasaan, kesastraan kepada masyarakat cukup optimal, sehingga pemprov memberikan bantuan," katanya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023