Pangkalanbaru (Antara Babel) - PT PLN (Persero) Wilayah Bangka Belitung (Babel) menilai kesadaran hemat listrik masyarakat di daerah itu masih rendah karena kurangnya kepedulian terhadap kapasitas dan cadangan sumber daya yang tersedia.

"Kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan melalui edukasi dan sosialisasi untuk menambah kepedulian dan pengetahuan mereka terhadap pentingnya penghematan listrik," kata General Manager PLN Wilayah Babel Zulfarida Paluzi di Pangkalanbaru, Selasa.

Ia mengatakan, pasokan daya listrik di Babel cukup namun tidak berlebih, sehingga perlu dilakukan penghematan untuk membagi fasilitas aliran listrik ke rumah penduduk yang belum mendapatkan sumber daya itu.

"Dengan kondisi kapasitas daya saat ini, PLN Wilayah Babel tetap mampu menambah sambungan fasilitas listrik hingga ke dusun, namun untuk menjaga kapasitas cadangan dan daya pemeliharaan instalasi masyarakat perlu melakukan penghematan," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan edukasi dan sosialisasi hemat listrik harus dilakukan secara rutin untuk menambah wawasan dan kepedulian masyarakat, sehingga sumber daya itu dapat dimanfaatkan semua warga di daerah itu.

"Dalam waktu dekat kami akan menambah pasokan daya listrik di daerah ini. Namun demikian kami tetap mengimbau masyarakat melakukan penghematan listrik," ujarnya.

Ia mengatakan, sumber daya listrik merupakan kebutuhan semua masyarakat sehingga harus dijaga bersama termasuk ketersediaan listrik di daerah itu.

"Penambahan kapasitas daya listrik di daerah ini tidak berarti masyarakat lebih leluasa melakukan pemborosan. Justru mereka harus tetap berhemat untuk menjamin ketersediaan fasilitas aliran listrik hingga ke pelosok," ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, penghematan listrik tidak bisa dipaksakan kepada masyarakat tetapi harus menjadi kesadaran masing-masing akan pentingnya berbagi dengan sesama.

Ia berharap masyarakat di daerah itu terus meningkatkan upaya penghematan listrik dimulai dari lingkungan rumah tangga hingga perkantoran.

"Kami terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat di daerah ini melalui edukasi dan sosialisasi untuk melakukan penghematan listrik agar manfaat sumber daya tersebut bisa dirasakan semua warga," ujarnya.

Pewarta: Pewarta: Sutan

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013