Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menyatakan Hari Lahir Pancasila merupakan momentum menjaga persatuan bangsa dan masyarakat di tengah tahun politik.

"Pancasila merupakan satu-satunya ideologi di Indonesia dan tidak pernah mengajarkan masyarakat untuk berpecah," kata Suganda Pandapotan Pasaribu usai melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan Pancasila menjelang Pemilu 2024 harus diimplementasikan oleh seluruh pihak khususnya partai politik untuk selalu menjaga persatuan bangsa ini. Apalagi dalam Pancasila sudah jelas terdapat Bhineka Tunggal Ika, meski berbeda-beda tetapi tetap satu.

"Mulai dari masyarakat pendukung partai mana saja tetap sama untuk menentukan pilihan pemimpin yang terbaik untuk kemajuan bangsa dan daerah ini," ujarnya.

Baca juga: Pj Gubernur Babel: Hari Lahir Pancasila momentum jaga persatuan di tahun politik

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu menjaga persatuan selama pesta demokrasi ini.

"Kita semua sama, baik itu ASN, TNI, Polri dan masyarakat akan menentukan pilihan terbaik pada pemungutan suara di TPS Pemilu 2024 nanti," katanya.

Ia berharap momen peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini untuk bersama-sama mengajak seluruh masyarakat jangan ada lagi ideologi lain kecuali Pancasila di Republik Indonesia.

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Terutama pada momentum tahun politik dimana masa ini rawan terjadi perpecahan dalam masyarakat akibat perbedaan pilihan," katanya.
 
 

Pewarta: Aprionis dan Chandrika Purnama Dewi (Video)

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023