Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meraih penghargaan Paritrana Award 2023, sebagai daerah yang mendukung penuh pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Kita mendapatkan penghargaan tersebut dengan terbaik dua sebagai daerah yang mendukung penuh implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan," kata Kepala DPMPTK Bangka Tengah Aisyah Sisylia di Koba, Senin.

Pemkab Bangka Tengah menerima penghargaan itu yang diserahkan langsung Pj Gubernur Babel Suganda 

Baca juga: Nelayan di Desa Kebintik Bangka Tengah terima sosialisasi manfaat dan program Bpjamsostek

Paritrana Award 2023 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga diberikan kepada beberapa kategori lain, seperti perusahaan skala mikro, menengah, besar, dan sektor jasa. 

"Yang terpenting bagi kita bukan persoalan penghargaannya, tapi bagaimana ke depan kita bisa meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan khususnya bagi sektor informal," kata Aisyah.

Menurut dia, ada beberapa langkah dan inovasi yang sudah dilakukan dalam meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. 

Baca juga: Terima Penghargaan Paritrana Award 2023, Pemkot Pangkalpiang terus berkomitmen daftarkan pegawai ke BPJS Ketenagakerjaan

"Salah satunya program Penggerak Jaminan Sosial Indonesia untuk Bangka Tengah Sejahtera (Perisai untuk Bangsa) yang baru diperkenalkan pada Maret 2023," ujarnya.

Ia mengatakan, Perisai untuk Bangsa merupakan upaya yang dilakukan untuk memperluas cakupan perlindungan sosial bagi tenaga kerja terutama di sektor informal.

"Perisai ini program BPJS Ketenagakerjaan, yang kemudian kita sinergikan dengan program Pemkab Bangka Tengah. Mereka yang punya program, kita yang cari agen perisainya, kemudian agen perisai itu akan dibiayai oleh program perisai itu sendiri,” kata Aisyah.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang tingkatkan sosialisasi penggunaan aplikasi JMO

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023