Setelah sukses digelar, Kejuaraan Daerah (Kejurda) E-sport tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang berlangsung pada 16-18 Juni 2023 di Gedung UP3 PLN Bangka dan diikuti para peserta tujuh kabupaten kota di Babel sudah mendapatkan pemenangnya.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) E-sport Indonesia (ESI) Babel, Imam Santoso mengatakan, dengan empat cabang permainan yang dipertandingkan, yakni PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, dan E-Football itu bisa meraih hasil yang maksimal dari Babel untuk Porwil 2024 bahkan PON 2024 mendatang.

Untuk pemenang Free Fire yakni peringkat 1 ESI Bangka Barat, peringkat 2 ESI Belitung, dan peringkat 3 ESI Bangka Tengah. Untuk cabang Mobile Legends peringkat 1 ESI Bangka, peringkat 2 ESI Belitung dan peringkat 3 ESI Bangka Selatan.

Sedangkan untuk E-Football peringkat 1 ESI Pangkalpinang, peringkat 2 ESI Belitung dan peringkat 3 ESI Bangka. Sedangkan untuk PUBG Mobile peringkat 1 ESI Bangka, peringkat 2 ESI Bangka Selatan, dan peringkat 3 ESI Bangka Tengah.

Baca juga: Pj Gubernur Suganda ingin Esport Babel mendunia

Baca juga: PLN dukung ESI Babel selenggarakan Kejurda Esport tingkat provinsi

"Pembinaan setelah Kejurda ini untuk persiapan Porwil 2023 Pekan Baru Riau, kita akan meng-assasment satu game untuk mencari 10-12 pemain dalam waktu tertentu akan kita lakukan pembinaan," ujarnya. 

Menurut imam untuk pembinaan, dari segi semangatnya, skill individu atau tim, dan attitude. Dalam waktu dekat ESI Babel akan mengambil 10 orang untuk mengikuti pembinaan.

Nantinya mereka bisa bermain di satu game kejuaraan setiap kejuaraan yang ada di Kota Pangkalpinang atau Babel, hingga nanti pada waktunya ditentukan 10 pemain tersusun suatu tim, tim inti dan cadangan, 10-12 orang dalam setiap game.

Imam optimis untuk empat game itu bisa nantinya dapat meraih hasil yang maksimal dari Babel untuk Porwil 2024 bahkan PON 2024.

"Kalo PON menelik ke PON 2020 di Papua mainnya bagus tapi ketika ketemu kota-kota besar agak drop (atlet Babel). Sebenernya potensinya ada tetapi perlu pembinaan skill, mental utamanya. Saya yakin Babel punya potensi sangat baik dalam E-sport ini," tutupnya.

Baca juga: 150 peserta ikuti Kejurda Esport Babel 2023

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023