Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan higienis daging kurban yang didistribusikan PT Timah Tbk kepada masyarakat kurang mampu pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Kami pastikan daging kurban ini layak dikonsumsi," kata Tim Pemantau Kesehatan Hewan Kurban Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel Dr Jamilah usai melakukan pemeriksaan kesehatan daging hewan kurban PT Timah Tbk di Masjid Al Furqon Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan pemeriksaan hewan kurban ini dimulai sebelum pemotong hewan kurban hingga pemotongan daging kurban. Sapi dan kambing kurban ini tidak ada bergejala sakit apalagi terjangkit penyakit mulut kuku (PMK), LSD (Lumpy Skin Disease) dan penyakit lainnya.

"Kami tidak ada menemukan cacing hati atau pembengkakan paru hewan kurban ini. Semua hewan kurban dalam kondisi sehat," katanya.

Baca juga: Dirut PT Timah kurban sapi di Masjid Al Furqon Pangkalpinang

Baca juga: Masjid Al Furqon Pangkalpinang potong 20 hewan kurban

Ketua Panitia Qurban Masjid Al Furqon Pangkalpinang Hikmat Slamet memastikan sapi dan kambing bantuan PT Timah Tbk dalam kondisi sehat.

"Kami melibatkan Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel dan Kota Pangkalpinang untuk memantau langsung kesehatan hewan kurban dan proses pemotongan hingga pembagian daging kurban ini," katanya.

Ia menyatakan dalam pemotongan hewan kurban ini, panitia kurban juga melibatkan Juru Sembelih Halal Provinsi Kepulauan Babel sehingga proses pemotongan sesuai ajaran agama.

"Proses pemotongan hewan kurban ini dilakukan secara ketat, guna menjaga kualitas daging kurban yang disalurkan kepada masyarakat kurang mampu di Kota Beribu Senyuman ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023