Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyembelih 51 ekor sapi kurban pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriah.

Wakil Bupati Bangka Syahbudin di Sungailiat, Sabtu, mengatakan penyembelihan 51 ekor sapi kurban dilakukan dua tahap, masing-masing 22 ekor sapi disembelih pada Sabtu ini, 12 ekor disembelih tahap kedua pada jadwal yang sudah ditetapkan atau setelah Bupati Bangka Mulkan pulang dari Tanah Suci Mekkah.

Sebanyak 17 ekor sapi yang lain, kata dia, didistribusikan ke sejumlah masjid untuk disalurkan kembali dagingnya ke masyarakat.

"Puluhan ekor hewan kurban tersebut dihimpun dari organisasi perangkat daerah dan bantuan pihak swasta melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR)," kata dia.

Ia menjelaskan kurban dalam dimensi vertikal sebagai bentuk ibadah untuk meningkatkan ketaqwaan umat kepada Allah SWT supaya mendapatkan pahala.

Ia menjelaskan ibadah kurban hendaknya bukan menjadi beban bagi umat Muslim yang mampu karena pahala dari ibadah kurban cukup besar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka Andi Hundirman mengatakan penyembelihan hewan kurban menjadi agenda rutin tahunan setiap perayaan Idul Adha.

"Daging kurban dibagikan ke pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka dan masyarakat," kata dia.

Dia mengharapkan pada Idul Adha tahun depan jumlah bantuan hewan kurban dari pihak swasta dapat bertambah.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023