Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan kegiatan sambang warga pesisir guna mencegah kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat(kamtibmas).

"Bangka Barat merupakan daerah kepulauan yang memiliki banyak pintu masuk dari dengan daerah lain, kami berharap dengan kegiatan sambang warga bisa meningkatkan peran aktif warga pesisir menjaga kamtibmas," kata Kepala Satpolair Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto di Mentok, Selasa.

Kegiatan sambang warga di sejumlah permukiman warga di wilayah pesisir tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman berbagai potensi gangguan kamtibmas yang mungkin muncul dengan harapan agar warga bisa melakukan pencegahan secara dini.

"Jika tidak memungkinkan untuk dicegah, masyarakat bisa memberikan laporan dengan cepat kepada personel agar bisa segera dilakukan tindak lanjut," ujarnya.

Menurut dia, peran aktif warga dalam memberikan laporan atau informasi juga penting untuk memudahkan polisi dalam melakukan pencegahan berbagai kemungkinan gangguan kamtibmas maupun tindak kriminal.

Pertemuan dengan warga pesisir juga dimanfaatkan para personel untuk menyerap berbagai informasi yang berkembang di masyarakat.

"Keberadaan polisi di tengah- tengah masyarakat juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman sehingga warga bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan tenang dan semakin produktif," ujarnya.

Sugiyanto mengatakan para personel saat bertemu dengan para nelayan juga menyampaikan agar tetap memperhatikan keselamatan pada saat melaksanakan kegiatan di laut maupun di pesisir pantai dan tidak terlalu memaksakan diri melaut saat cuaca tidak memungkinkan.

"Kami juga mengimbau mereka tetap menjaga kebersihan pesisir pantai, dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disiapkan guna mendukung pelestarian lingkungan dan pariwisata di daerah itu," katanya.

Bagi warga yang beraktivitas di lingkungan Pelabuhan Lama Mentok juga diimbau untuk selalu menjaga situasi tetap kondusif agar bisa bekerja dengan tenang dan nyaman.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023