Realisasi corporate social responsibility (CSR) dari sejumlah perusahaan di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada 2022 mencapai Rp8,6 miliar.

"Kita tidak bisa pungkiri kontribusi pihak perusahaan dalam kegiatan sosial, terutama melalui program CSR sangat membantu daerah dan masyarakat," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Selasa.

Pemkab Bangka Tengah memberikan apresiasi dengan memberikan penghargaan terhadap sejumlah perusahaan yang sudah berkontribusi sosial melalui program CSR.

"Kami menyadari betul keberadaan perusahaan sangat mendukung pemerintah daerah dalam memberikan fasilitas, sarana prasarana, bersama-sama untuk membangun dan membuat Bangka Tengah lebih baik lagi," ujarnya.

Baca juga: Pj Gubernur Suganda ajak forum CSR bersinergi dan berkolaborasi membangun Babel

Pihaknya terus memprioritaskan berbagai program pembangunan dan pengembangan, baik peningkatan di bidang pendidikan, kesehatan, sarana dan prasarana publik, ekonomi kerakyatan, ketenagakerjaan, perlindungan sosial dan sektor pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat.

Bupati mengatakan saat ini pemerintah daerah fokus pada empat program unggulan yang diharapkan dapat selaras dengan para mitra CSR di Bangka Tengah. 

"Program tersebut adalah penurunan stunting, dengan kegiatan bantuan sanitasi dan air bersih berupa jamban sehat untuk 13 desa/kelurahan yang menjadi lokus penanganan stunting serta program penghapusan kemiskinan ekstrem," jelasnya.

Baca juga: Boyong 39 Penghargaan TOP CSR Awards 2023, TJSL PLN Berhasil Berikan Manfaat Besar dan Berkelanjutan bagi Masyarakat

Kemudian kata bupati program ekonomi kerakyatan, dengan kegiatan yaitu bantuan mesin pengemas dan mesin printing kemasan bagi UMKM di Desa Kurau dan terakhir program sektor pariwisata dengan kegiatan yaitu pengembangan pariwisata Sumur Tujuh, Danau Pading dan Desa Namang.

Bupati mengharapkan mitra perusahaan dapat terus aktif dan berkolaborasi bersama pemerintah daerah dalam melaksanakan program CSR untuk kepentingan masyarakat.

“Mari jadikan kekuatan CSR ini untuk membangun Bangka Tengah yang semakin unggul dan sebagai sesama mitra CSR terus bersemangat untuk memberikan manfaat kepada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Serahkan Bantuan Kursi Roda untuk Disabilitas, Budi Utama: PT Timah Tak Pernah Absen Berikan Bantuan CSR Kepada Masyarakat Bangka Belitung

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023