Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai menerapkan digitalisasi transaksi keuangan daerah untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi.

"Kita suda menggelar workshop penatausahaan keuangan pada belanja daerah, tentu ini dalam rangka memperkuat penerapan digitalisasi transaksi keuangan," Kepala Bada Keuangan Daerah Bangka Selatan Agus Pratomo di Toboali, Senin.

Ia menjelaskan, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan transformasi digital yang terus berlanjut, digitalisasi transaksi keuangan telah menjadi salah satu aspek krusial untuk meningkatkan keandalan dalam pengelolaan keuangan.

"Ini komitmen kita bersama dalam memanfaatkan potensi teknologi untuk mencapai tujuan strategis pada tata kelola keuangan daerah," ujarnya.

Baca juga: LinkAja perkuat digitalisasi keuangan Pemda Belitung Timur

Ia mencontohkan digitalisasi transaksi keuangan sudah diterapkan untuk penerbitan SP2D yang  terintegrasi online dengan Bank RKUD.

"Dengan demikian, dapat memberikan pelayanan cepat, efisien dan akurat, bahkan proses pencairan tetap bisa dilakukan pada saat libur kerja," ujarnya.

Ia mengatakan, digitalisasi transaksi keuangan membawa berbagai manfaat yang signifikan di antaranya memberikan kemampuan untuk melaksanakan transaksi keuangan dengan lebih cepat, efisien dan akurat.

Baca juga: BI dorong percepatan digitalisasi keuangan di Bangka Belitung

"Dalam era yang serba cepat ini, kemampuan untuk melakukan pembayaran secara elektronik, memproses berkas secara digital dan menggunakan sistem keuangan yang terintegrasi akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi seluruh pihak yang terlibat dalam aktivitas pengelolaan keuangan," ujarnya.

Digitalisasi transaksi keuangan kata dia juga membawa transparansi yang lebih tinggi dalam pengelolaan keuangan karena sistem informasi keuangan yang terintegrasi dapat memantau dan melacak setiap transaksi dengan mudah. 

"Ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi proses pengelolaan keuangan, tetapi juga memberikan keyakinan kepada masyarakat dan mitra kerja bahwa kita menjalankan kegiatan keuangan dengan prinsip  transparansi dan akuntabilitas tinggi," ujarnya.

Baca juga: Ketua DPRD Babel Hadiri Launching Program Digitalisasi Transaksi Pemerintah Daerah dengan BSB

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023