Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat terdapat dua unit rumah di Dusun Rebo Bangka mengalami rusak akibat terdampak musibah bencana alam angin puting beliung.

"Angin puting beliung yang terjadi pada Kamis (20/7) pukul 02.00 WIB menyebabkan dua unit rumah warga rusak kategori ringan," kata Kepala BPBD Bangka, Ridwan melalui keterangan pers, Kamis.

Saat bencana alam yang merusak rumah warga tersebut kata Ridwan, terjadi hujan intensitas deras disertai angin kencang.

Meskipun tidak mengakibatkan korban luka dan jiwa, terdata dua rumah warga terdampak angin puting beliung mengalami kerugian materiil ditaksir mencapai jutaan rupiah yakni, rumah milik Tjhin Djit Kion dan Samsuri.

Kerusakan umumnya terdapat di bagian atas rumah yang menggunakan material asbes. Sejumlah keping asbes lepas akibat kencangnya tiupan angin.

"Selain berhasil mendata rumah korban terdampak angin puting beliung, di saat itu juga kami membantu korban membersihkan puing material yang pecah dan menyalurkan bantuan sosial berupa mie instan, ikan kaleng, kecap dan terpal untuk menutupi sementara rumah yang rusak," jelas dia.

Ridwan mengingatkan masyarakat di daerah itu untuk tetap mewaspadai terjadi bencana alam seperti banjir, angin puting beliung maupun bencana alam yang lain, sebab bencana alam dapat terjadi kapan saja.

Sejak pagi hingga sore, pada sebagian wilayah Kabupaten Bangka terjadi curah hujan ringan hingga lebat.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023