Sebanyak 30 calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjalani pendidikan dan pelatihan untuk persiapan bertugas pada 17 Agustus 2023.

"30 orang paskibraka yang terdiri 15 orang putra dan 15 orang putri mengikuti pemusatan diklat paskibraka terhitung dari 30 Juli sampai puncak HUT RI," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Senin.

Sebelum mereka bertugas melakukan pengibaran Bendera Merah Putih, kata dia, harus melakukan berbagai persiapan dan mendapat ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan.

“Persiapan mulai dari penaikan bendera hingga penurunan, terutama kesiapan fisik dan mental yang paling utama,” kata dia setelah pembukaan pemusatan diklat Paskibraka Kabupaten Bangka Tahun 2023 di salah satu hotel di Sungailiat, Senin.

Dalam diklat ini, kata dia, calon anggota paskibraka mendapat latihan fisik, materi pendidikan psikologi, hingga kesehatan.

“Mereka akan dibimbing tim pelatih yang terdiri dari anggota TNI, Polri, serta narasumber dari psikologi dan kesehatan,” ucapnya.

Mulkan meminta kekompakan seluruh calon anggota paskibraka serta selalu memperhatikan instruksi pelatih.

“Untuk itu semua peserta harus fokus sehingga dalam pelaksanaannya berjalan lancar,” ujarnya.

Mereka akan bertugas menaikkan dan menurunkan bendera saat upacara HUT Ke-78 Republik Indonesia pada 2023.

“Mereka tidak berdiri sendiri, tetapi dituntut untuk bekerja sama, tidak egois dan tidak saling menjatuhkan. Semoga diberi kemudahan dan kelancaran dalam tugasnya,” kata Mulkan.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023