Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun ini melakukan pengadaan 19 mobil sampah untuk mengangkut sampah dari berbagai tempat di daerah itu ke tempat pembuangan akhir.

"Tahun ini kami mengadakan 19 unit mobil sampah bersumber dari Anggaran Pendapatan (dan Belanja, red.) Daerah (APBD) Tahun 2023," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Selasa.

Ia menjelaskan 19 mobil sampah itu dibagikan kepada 19 kelurahan di Kabupaten Bangka dengan harapan sampah di wilayah kelurahan masing-masing dapat ditangani secara optimal.

"Dengan tersedianya kendaraan mobil, sampah yang sudah dikumpulkan dapat langsung dibawa ke tempat pembuangan akhir di Kelurahan Kenanga," kata dia.

Pengadaan mobil sampah merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Bangka dalam penanganan sampah untuk mewujudkan wilayah yang aman, bersih, dan rapi.

"Saya minta masyarakat mendukung pemerintah dalam penanganan sampah dengan cara jangan membuang sampah sembarangan, buanglah sampah di tempat yang sudah disediakan," ujarnya.

Mulkan mengakui kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan masih perlu ditingkatkan karena masih ada sebagian mereka membuang sampah di sembarang tempat meskipun tempat pembuangan sementara sudah disediakan.

Volume sampah yang terpusat di wilayah Kota Sungailiat cukup banyak mencapai 60 ton per hari. Jumlah itu diprediksi akan terus bertambah seiring dengan bertambah jumlah penduduk setempat.

"Saya minta pihak kelurahan yang memperoleh bantuan mobil sampah dapat dimaksimalkan dengan baik untuk penanganan sampah di masyarakat, ajak masyarakat setempat bersama-sama menangani sampah," kata dia.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023