Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menyebutkan transaksi menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) mendorong terwujudnya smart city, karena melakukan pembangunan dengan pendekatan smart city sudah menjadi sebuah kebutuhan.

"Pemanfaatan teknologi digital ini sangat membantu pemerintah dalam mewujudkan smart city. Pelaku usaha mikro yang mendominasi pertumbuhan signifikan penggunaan QRIS harus kita dorong sehingga dapat semakin terhubung dengan produk dan layanan keuangan untuk mewujudkan Bangka Belitung yang luar biasa dan modern," kata Pj Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu di Pangkalpinang, Senin. 

Ia mengatakan penggunaan QRIS Babel didominasi oleh pelaku usaha mikro dan  harus terus didorong agar pelaku usaha mikro dapat semakin terhubung dengan produk dan layanan keuangan serta guna mewujudkan Babel yang luar biasa dan modern.

Ia menyampaikan Babel mencatat pertumbuhan signifikan dalam transaksi menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). 

Ia menjelaskan pada bulan Juni 2023, layanan transaksi digital yang dikembangkan bersama oleh industri sistem pembayaran dan Bank Indonesia tersebut mencatatkan transaksi sebesar Rp38,76 Miliar, atau tumbuh signifikan mencapai 184.905 (YoY), didukung oleh 134.847 merchant dan 134.865 pengguna QRIS. 

"Hal ini menggambarkan tingkat literasi digital masyarakat yang semakin membaik," katanya. 

Ia mengungkapkan pemanfaatan teknologi juga mendorong sektor lain untuk berkembang, diantaranya pariwisata. Sektor pariwisata yang terkait langsung dengan usaha mikro diharapkan menjadi penyumbang devisa sekaligus tulang punggung perekonomian nasional, termasuk bagi Babel.

Sementara itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekonomi sektor pariwisata yang tercermin dari penyediaan akomodasi dan makan minum pada triwulan I-2023 tercatat sebesar Rp701 Miliar atau hanya memberikan kontribusi sebesar 3,07 persen terhadap perekonomian Babel.

Ia mengharapkan promosi masif daerah wisata potensial yang salah satunya melalui pemanfaatan teknologi dan kemudahan transaksi agar memberikan dampak yang lebih besar terhadap perekonomian daerah.

"QRIS ini menjadi salah satu yang akan mendorong terwujudnya smart city, mudah-mudahan apa yang sudah digagas oleh Bank Indonesia akan mendorong semua sektor yang ada termasuk sektor pariwisata dan sektor ekonomi lainnya yang ada di Bangka Belitung. Memang masih banyak hambatan, termasuk bagaimana kita mengatasi blank spot, namun perlu terus kita upayakan bagaimanapun juga, untuk mewujudkan Bangka Belitung ini menjadi provinsi yang luar biasa dan modern," katanya. 

Ia menambahkan Pemprov Babel terus mendukung terhadap Implementasi QRIS, dan berharap Pekan QRIS Nasional yang diikuti berbagai kegiatan tersebut dapat mendorong terwujudnya smart city di Bumi Serumpun Sebalai.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023