Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan sebanyak 1.822 orang petugas satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) untuk mendukung pelaksanaan Pemilu 2024.

"Ribuan petugas satlinmas tersebut direkrut dari masyarakat tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan di Kabupaten Bangka," kata Bupati Bangka Mulkan, saat membuka Pembekalan Anggota Satuan Linmas, di Sungailiat, Selasa.

Jumlah petugas satlinmas tersebut disesuaikan dengan jumlah kebutuhan di masing - masing tempat pemungutan suara (TPS) yang mencapai 911 TPS di daerah ini, katanya.

"Setiap TPS akan ditempatkan sebanyak dua orang satlinmas untuk membantu TNI dan Polri dalam pengamanan pemungutan suara," kata Mulkan.

Dukungan pengamanan satlinmas, kata Bupati, tidak hanya menjalankan bantuan pengamanan Pemilu 2024, tetapi dilanjutkan tugas pada tahun yang sama saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Saya berharap satlinmas dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku sehingga pelaksanaan pemilu dan pilkada berjalan lancar," katanya.

Mulkan mengingatkan seluruh satlinmas agar tetap menjaga kekompakan antaranggota di TPS maupun anggota satlinmas TPS yang lain.

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka Tony Marza, mengatakan sebelum menjalankan tugas bantuan pengamanan di TPS saat pemilu maupun pilkada, maka semua petugas linmas sudah mendapat pembekalan pengetahuan.

"Pengetahuan bagi satlinmas sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas kemampuan pengamanan karena tidak hanya bertugas di TPS, melainkan membantu pengamanan distribusi logistik pemilu," kata Tony Marza.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023