Pemerintahan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerapkan perubahan reformasi birokrasi (RB) Berakhlak bagi aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu. 

Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Jumat mengatakan reformasi birokrasi Berakhlak cukup penting diterapkan untuk menciptakan aparatur pemerintah yang profesional berkarakter, berintegritas, kinerja tinggi.

"Dengan reformasi birokrasi ini pula diharapkan tercipta lingkungan kerja yang bersih KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara," kata Bupati.

Menurutnya, ASN hendaknya dapat menjadi contoh seperti sikap disiplin berangkat dan pulang kantor tepat waktu. Dengan reformasi ini pula penilaian kinerja ASN yang sebelumnya meraih nilai B diharapkan lebih baik menjadi BB.

"Saya menginginkan reformasi birokrasi Berakhlak tidak hanya sekedar menjadi simbol melainkan benar-benar dapat diterapkan dengan komitmen bersama sehingga ASN menjadi motivasi serta teladan agen perubahan," jelas dia.

Mulkan mengakui sekarang ini yang perlu ditanamkan pegawai adalah kesadaran dan meningkatkan semangat kerja dalam mewujudkan pelayanan yang prima serta tata kelola pemerintahan yang bersih dan mampu mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang.

"Diharapkan semua ASN menjadi pelopor dapat berperan aktif dalam penyelenggaraan program reformasi birokrasi," kata dia.

Sebagai ASN, dituntut maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023