Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima Dana Alokasi Umum (DAU) mencapai Rp62 miliar lebih untuk bidang pendidikan.

"Secara garis besar penggunaan dana itu untuk gaji ASN, guru tidak tetap, pembangunan sarana dan prasarana serta peningkatan kompetensi guru,"kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan Elfan Rulyadi di Toboali, Senin (4/9).

Disampaikannya kalau dana berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik nilainya mencapai Rp10 miliar lebih yang digunakan untuk bidang pendidikan dan Kebudayaan itu diantaranya untuk Bidang PAUD sebesar Rp1.026.450.000 dan Bidang SD sebesar Rp3.607.025.000.

"Selain itu juga ada untuk Bidang SMP sebesar Rp6.127.300.000 dan Bidang SKB sebesar Rp562.000.000,"katanya.

Menurut Elfan Dana Alokasi Umum atau DAU bidang pendidikan bukan dikerjakan pada bidang pendidikan saja namun ada di Bidang lain seperti pariwisata, pemuda dan olahraga serta pramuka.

"Untuk rincian penggunaannya ada di Badan Keuangan Daerah (Bakuda) sebab dana DAU itu juga dikerjakan oleh beberapa dinas lain,"katanya.

Ia menjelaskan untuk mengetahui rekapitulasi anggaran dana DAU yang telah dan akan dikerjakan ini bisa langsung ke Bakuda.

"Semua rekap kegiatan ada di Bakuda,"kata dia.

Dirinya mengatakan hingga saat ini semua kegiatan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sudah selesai semua dilakukan dan masih proses pembangunan.

"Semua kegiatan sudah tidak ada lagi yang belum dilakukan semua sudah selesai dilelang dan tender juga sudah selesai,"katanya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023