Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan sejumlah lomba sebagai salah satu upaya pelestarian budaya sekaligus untuk menyemarakkan peringatan hari jadi ke-289 Kota Mentok.

"Perayaan ulang tahun Kota Mentok kali ini bertemakan Mentok Betason, kita sudah siapkan sejumlah lomba yang bisa diikuti warga setempat maupun dari luar daerah," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Muhammad Ali di Mentok, Selasa.

Adapun beberapa acara yang akan dilaksanakan pada Oktober 2023, antara lain kirab budaya, lomba drumband, nyanyi melayu, permainan tradisional dan lainnya.

"Kita juga merencanakan untuk menggelar lomba stand up comedy dalam bahasa Mentok, dan lomba permainan mobile legend Dan free fire," ujarnya.

Baca juga: Menilik identitas Mentok sebagai kota sejarah

Menurut dia, berbagai lomba tersebut terbuka untuk umum, bahkan peserta dari luar provinsi juga disilakan untuk ikut berpartisipasi.

Pelaksanaan lomba untuk umum ini sengaja dilakukan agar semakin banyak peserta yang hadir langsung di Kota Mentok, sekaligus untuk mengenalkan berbagai potensi wisata yang ada di daerah itu.

Mentok yang berada di ujung barat Pulau Bangka merupakan destinasi wisata sejarah dan budaya Babel, memiliki banyak bangunan peninggalan sejarah dan telah ditetapkan sebagai salah satu kota pusaka di Indonesia.

"Kita ingin melalui kegiatan ini juga sebagai ajang promosi wisata agar Mentok semakin dikenal di Babel dan nasional," katanya.

Baca juga: Bangka Barat tata ulang kawasan wisata kota Mentok

Peringatan hari jadi Kota Mentok ditetapkan pada tanggal 7 September, namun karena saat ini baru saja selesai menggelar kegiatan Pekan Olahraga Provinsi VI Bangka Belitung, maka pemerintah setempat terpaksa menunda kegiatan perayaan hari jadi Mentok di akhir Oktober 2023.

Menurut dia, penundaan rangkaian kegiatan ulang tahun Mentok agar para peserta yang akan mengikuti lomba dapat mempersiapkan diri dengan matang. 

"Ini juga memberikan kesempatan bagi panitia agar persiapan semakin baik sehingga kegiatan berjalan semarak dan sukses," katanya.

Baca juga: Bangka Barat kuatkan pengembangan wisata budaya

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023