Kepolisian Resor (Polres) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggiatkan program sambang warga pesisir untuk menjaring berbagai informasi terkini guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah kepulauan tersebut.

"Selain melakukan pemantauan aktivitas nelayan, kami juga melakukan kegiatan sambang warga untuk menjaring berbagai informasi yang berkembang di masyarakat, kami berharap pola ini akan memudahkan para personel dalam menjaga kamtibmas di wilayah pesisir Bangka Barat," kata Kepala Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, Bangka Barat berada di ujung barat Pulau Bangka menjadi pintu gerbang utama yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Sumatera, juga memiliki banyak pelabuhan kecil yang biasa dijadikan pintu masuk alternatif warga dari dalam dan luar daerah.

Oleh karena itu, kata dia, penggiatan patroli ke sejumlah pelabuhan kecil itu terus dilakukan secara berkala guna memberikan rasa aman dan nyaman warga pesisir yang biasa beraktivitas di lokasi itu.

"Saat bertemu langsung dengan warga ini juga dimanfaatkan personel untuk menghimpun berbagai informasi terkini dan informasi yang berkembang di masyarakat," ujarnya.

Dari berbagai informasi tersebut, kata Sugiyanto, akan menjadi bahan kajian bagi petugas untuk melakukan berbagai tindakan antisipasi agar situasi kamtibmas tetap terjaga kondusif, sehingga masyarakat bisa beraktivitas dengan aman, tertib, lancar dan nyaman.

"Kami sudah memerintahkan para personel untuk senantiasa aktif tampil ke lapangan guna menjaga kamtibmas tetap kondusif, berikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat nelayan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, sehingga masyarakat bisa semakin produktif," katanya.

Selain itu, kata dia, para personel juga ditugaskan untuk selalu memberikan imbauan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kamtibmas dengan pola penyampaian yang humanis untuk meningkatkan hubungan baik antara petugas kepolisian dengan warga.

Untuk saat ini, kata dia, petugas kepolisian terus memberikan imbauan kepada nelayan atau warga pesisir agar selalu mewaspadai kemungkinan terjadinya perubahan cuaca ekstrem.

"Mari bersama-sama ciptakan kamtibmas agar tetap aman dan kondusif, kami juga ajak masyarakat nelayan menghindari kegiatan yang melanggar hukum, menjaga keharmonisan di lingkungan sekitar dan apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan segera menginformasikan ke Mako Satuan Polair Polres Bangka Barat," katanya.
 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023