Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperkuat peran Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) untuk menggerakkan roda pembangunan di desa.

"LKD memiliki pengaruh besar dalam keberhasilan dan kelancaran pembangunan desa, maka kapasitas mereka terus diperkuat agar memiliki peran yang kuat pula," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Senin.

Bupati mengatakan pelatihan peningkatan kapasitas LKD yang digelar baru-baru ini sebagai bukti bahwa pemerintah daerah terus meningkatkan kapasitas dan kualitas pengurus LKD.

Baca juga: Bangka Barat sinkronkan program pembangunan melalui bina pamong

"Tugas LKD adalah membantu pemerintah desa dan sebagai mitra dalam memberdayakan masyarakat, untuk kemajuan desa di berbagai bidang," ujarnya.

Bupati Bangka Tengah berharap, pengurus LKD dapat memahami tugas dan fungsi masing-masing untuk mempercepat pelayanan pemerintah desa kepada masyarakat.

"Kemajuan suatu daerah, dimulai dari kemajuan desa dan LKD dapat mengambil peran bersama masyarakat dalam memajukan desa," ujarnya.

Baca juga: Bupati Bangka ajak tenaga pendamping profesional bangun desa

Algafry berharap dengan adanya pelatihan LKD dapat menumbuhkan kemauan, kemampuan dan kepedulian akan kemajuan desa.

"Dapat melayani dengan dan mengayomi seluruh lapisan masyarakat dengan memegang prinsip kerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas," ujarnya.

Algafry juga mengajak para perangkat desa untuk bekerja secara profesional, kreatif dan penuh inovatif.

"Bekerja sesuai aturan yang ada itu profesional, terus berinovasi dan kreatif sebagai kunci untuk bisa lebih maju," ujarnya.

Baca juga: Bupati Belitung Timur minta setiap desa dirikan posko kesehatan

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023