Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan menyerahkan delapan unit mobil kebersihan ke pemerintah kelurahan di Kecamatan Sungailiat, guna mempercepat penanganan sampah di wilayah itu.

"Mobil kebersihan untuk angkutan sampah ke tempat pembuangan sementara sebelum diangkut kembali ke tempat pembuangan akhir, karena diketahui volume sampah di dalam wilayah Sungailiat yang tersebar di delapan kelurahan terbilang cukup banyak mencapai rata-rata 60 ton per hari," kata Mulkan di Sungailiat, Selasa.

Volume sampah tersebut akan mengalami peningkatan yang cukup besar pada saat hari tertentu seperti perayaan karnaval, lebaran dan saat kegiatan lain yang melibatkan masyarakat banyak.

Kelurahan di wilayah administrasi Kecamatan Sungailiat yang memperoleh bantuan mobil, yakni Kelurahan Sungailiat, Bukit Betung, Kenanga, Lubuk Kelik, Parit Padang, Jelitik, Kuday, dan Sri Menanti

"Penanganan sampah harus dilakukan sejak dini mengingat potensi volume sampah masih akan bertambah karena jumlah permukiman penduduk setiap tahun bertambah," kata dia.

Dalam penanganan sampah, kata Mulkan, harus didukung oleh prilaku hidup masyarakat yang disiplin menjaga kebersihan lingkungan. Dilihat masih ada warga yang membuang sampah sembarangan meskipun sudah disediakan tempat pembuangan sementara.

Selain kelurahan di Kecamatan Sungailiat, kata Bupati, bantuan mobil serupa juga akan disalurkan untuk wilayah Kecamatan Belinyu agar wilayah Belinyu nampak bersih, rapi dan sehat.

"Dalam waktu dekat, akan kita salurkan kembali mobil serupa untuk wilayah Kecamatan Belinyu supaya sampah di kota itu dapat cepat diatasi," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023