Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang telah menyalurkan sebanyak 221,5 ton atau 221.500 liter air bersih kepada masyarakat di kota itu yang sedang menghadapi musim kemarau.

"Air bersih yang telah disalurkan ini tersebar di 28 Kelurahan, 7 Kecamatan serta sebanyak 485 fasilitas umum dan rumah. Yang mana terhitung total jumlah penerima manfaat sebanyak 4.750 jiwa," kata Plt Kepala BPBD Pangkalpinang, Dedy Revandi, Selasa (26/9).

Ia mengatakan, program air bersih ini sangat membantu masyarakat, namun masih kekurangan armada dan saat ini harus dibantu dengan mobil PMI dan juga BPBD Provinsi Bangka Belitung. 

Untuk kapasitas mobil suplai air, kata Dia, BPBD Pangkalpinang kapasitas tangki 4.000 liter, mobil suplai air tangki 5.000 liter dan Mobil BPBD Provinsi kapasitas tanki 5.000 liter.

"Jadi hanya tiga mobil aktif yang bisa membantu menyuplai air bersih ke masyarakat, yang mana airnya kita bekerja sama dengan pihak PDAM Tirta Pinang," katanya. 

Ia mengungkapkan saat ini sudah masuk musim panca roba, berdasarkan data BMKG musim kemarau ini akan berakhir pada awal November mendatang. 

"Jadi untuk masyarakat Pangkalpinang khususnya, jangan panik terhadap air bersih. Karena kami pasti akan membantu menyuplai air bersih, namun harus melalui call center yang tersedia, karena ada masyarakat lain juga yang antri menunggu sumber air bersih ini," ujarnya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023