Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia mengecek kesiapan pemerintah daerah dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

"Kami melakukan kunjungan kerja ke Lampung dan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengecek persiapan tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024," kata Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung merupakan dua daerah yang menjadi"pilot projects" dalam penggunaan anggaran dan persiapan lainnya dalam rangka menghadapi Pemilu 2024.

Ia mengatakan, tahapan Pemilu 2024 harus tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

"Tidak ada skenario penundaan pemilu. Kami sudah sepakat DPR, DPD, KPU, dan Bawaslu bahwa tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 harus tetap berjalan," ujarnya.

Dikatakan dia, Komite I DPD terus menghimpun masukan serta kendala yang dihadapi oleh sejumlah kota atau kabupaten dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu 2024.

"Apabila ada kendala bisa dilaporkan ke kami karena kami nantinya akan kembali menggelar rapat dengan KPU dan Bawaslu RI," katanya.

Anggota Komite I DPD RI, Darmansyah Husein di Tanjung Pandan, Selasa mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu 2024.

Ia menilai, Pemerintah Kabupaten Belitung sudah cukup siap menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

"Kami menilai persiapan Belitung dalam menyambut Pemilu 2024 sudah sangat luar biasa. Kerja kawan-kawan mulai dari KPU dan Bawaslu juga sangat luar biasa," ujarnya.

Ia menambahkan, pemerintah daerah juga diketahui telah menyiapkan anggaran yang cukup memadai guna mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

"Sehingga melalui dana yang dianggarkan tersebut KPU daerah sudah mulai bisa bekerja," katanya.

Ia berpesan, agar menjaga situasi kondusifitas dan kamtibmas di daerah guna menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

"Cipta kondisi agar masyarakat kondusif dalam menghadapi Pemilu 2024 sangat penting untuk dilakukan sehingga pelaksanaan pemilu berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023