Karang Taruna Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membagikan 10.000 ekor bibit ikan nila ke sejumlah lembaga sekolah tingkat SD dan SMP di daerah itu guna mendukung program Sekolah Adiwiyata.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Bangka Ujang Suprianto dalam keterangannya di Sungailiat, Rabu, mengatakan 10.000 ekor bibit ikan nila yang disumbangkan di sekolah formal tingkat SD dan SMP sebagai bentuk komitmen karang taruna dalam mendukung program pemerintah mewujudkan Sekolah Adiwiyata.

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program Adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah tebarkan ribuan bibit ikan di "kolong" bekas tambang

"Melalui bantuan benih ikan itu juga, kami memberikan edukasi pada siswa di sekolah dengan memperkenalkan dunia "Aquatic" atau  budidaya perikanan secara mikro sehingga mampu membantu menumbuhkan semangat dan karakter generasi muda sejak dini, diketahui lembaga sekolah atau dunia pendidikan merupakan cikal bakal pembentukan karakter anak bangsa yang berkualitas," jelas dia.

Bantuan puluhan ribu benih ikan nila itu kata Ujang, menjadi sarana promosi edukatif bagi sekolah terhadap pusat budidaya perikanan air tawar Teaching Farm Aquatic Karang Taruna Eco Garden yang berlokasi di Kelekak Bantun Desa Pagarawan Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka.

"Saya berharap dari kegiatan penyebaran bibit ikan nila ini sebagai wujud mendukung program ketahanan pangan lokal berbasis perikanan air tawar," katanya.

Baca juga: Korem 045 tebar 5.000 bibit ikan air tawar di kolong bekas tambang timah

Baca juga: Polres Bangka Selatan beri bantuan bibit ikan dan sembako

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023