Kodim 0431/Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar program dapur masuk sekolah guna membantu meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak di Kecamatan Kelapa.

Komandan Kodim 0431 Bangka Barat Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval di Mentok, Senin, mengatakan pelaksanaan program unggulan Kodam II/Sriwijaya dalam bentuk dapur masuk sekolah kali ini digelar di SD Negeri 6 Kelapa.

"Selain memberikan bantuan makanan bergizi kepada anak-anak di sekolah itu, kami juga memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan telinga kepada 166 siswa sekolah tersebut," kata Dandim Kemas Muhammad Nauval.

Melalui kegiatan itu, kata dia, TNI ingin memberikan sumbangsih dalam mendukung program pemerintah dalam menyiapkan generasi yang lebih baik guna menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Kegiatan ini adalah wujud kepedulian negara kepada rakyat dan bangsanya, agar ke depan Indonesia dapat menyongsong Indonesia Emas 2045 dengan lebih mudah dan gemilang," ujarnya.

Dandim menjelaskan jika anak-anak usia sekarang tidak disiapkan mental, fisik, dan kesehatan, maka target Indonesia Emas 2045 akan sulit terwujud.

Menurut dia, anak-anak merupakan generasi penerus yang jumlah populasi sangat banyak dan perlu mendapatkan dukungan dari seluruh pihak agar bisa berkembang dengan baik dan sehat agar bisa diandalkan di masa mendatang.

"Jika tidak disiapkan dari sekarang dikhawatirkan mereka malah akan menjadi beban populasi apabila mereka tidak sehat, tidak kuat, dan tidak cerdas," kata Nauval.

Kepala Sekolah SD Negeri 6 Kelapa, Zulkarnain, merasa bangga dan terharu dengan pelaksanaan program unggulan Kodam II/Sriwijaya tersebut.

"Kami berterima kasih dan mengapresiasi atas pelaksanaan program ini, adanya program dapur masuk sekolah ini memberikan arti penting bagi kita dan semoga bisa sesuai target dan harapan bersama dalam menyiapkan generasi emas," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023