Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Komando Distrik Militer 0431/BB menggelar sosialisasi dan edukasi untuk memantapkan wawasan kebangsaan para pelajar di daerah itu.

"Kegiatan sosialisasi pemantapan nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan ini kami harapkan bisa memperkuat rasa kebangsaan, semangat nasionalisme dan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa di era saat ini sekaligus bekal untuk masa yang akan datang," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat Muhammad Soleh di Mentok, Jumat.

Sebanyak 100 orang pelajar SMA/SMK yang menjadi peserta sosialisasi dan edukasi kali ini merupakan perwakilan dari seluruh sekolah menegah atas yang ada di daerah itu.

Menurut dia, para pelajar perwakilan setiap kecamatan tersebut adalah orang-orang pilihan yang akan mendalami dan menyebarkan nilai-nilai Pancasila kepada teman sebaya maupun warga yang ada di lingkungan masing-masing.

"Dengan adanya kegiatan ini, mereka akan menambah pemahaman nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan sehingga mereka akan semakin siap dan mantap menghadapi berbagai tantangan di era Indonesia Emas 2045," katanya.

Soleh menjelaskan beberapa cara untuk membentuk karakter generasi muda saat ini, antara lain dengan melakukan penguatan agama, berbahasa yang baik, saling menghargai, bijaksana dalam bermedia sosial, mengembangkan kreativitas, menyebarkan konten positif, dan terus berinovasi.

Pola kolaborasi dengan memanfaatkan teknologi digital ini akan terus dikembangkan agar ke depan mampu menambah kebanggaan terhadap Tanah Air Indonesia dan dengan kemasan yang menarik bisa memberikan peningkatan ekonomi yang lebih baik.

Di tahun 2045, kata dia, Indonesia akan menjadi negara menuju ekonomi yang kuat di tengah-tengah era globalisasi dengan teknologi yang semakin maju.

Komandan Kodim 0431/Bangka Barat Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval menyampaikan pentingnya persatuan dan kesatuan antara pelajar dalam membangun kesadaran akan nilai-nilai Pancasila.

"Dengan persatuan dan kesatuan merupakan modal berbangsa dan bernegara, kita semua harus kompak yang dimulai dari diri kita masing-masing dalam membangun kesadaran aktualisasi nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari," katanya.

Dengan memahami, menyadari dan mengamalkan Pancasila diharapkan bisa mencegah terjadinya perpecahan bangsa, menghalau paham radikal maupun nilai-nilai baru yang bertentangan dengan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023