Kapolres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta seluruh personel bisa bersikap dan bertindak netral selama menjalankan tugas menjaga keamanan dan pengawasan seluruh tahapan Pemilu 2024.

"Kita harus bisa menjaga netralitas, bersikap profesional dan bertanggung jawab agar pemilu berjalan sukses, jujur, adil dan demokratis," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mentok, Senin.

Ia juga meminta kepada personel Polres Bangka Barat dan Polsek Jajaran untuk selalu menjaga kesehatan dan disiplin agar bisa menjalankan tugas dan fungsi dalam menghadapi pemilu.

"Pemilu 2024 yang digelar dua kali pasti banyak kegiatan dan jadwal padat sehingga butuh konsentrasi tinggi dan kesiapan fisik dan mental," katanya.

Baca juga: Masuki Tahapan Pengumuman DCT Bacaleg, Polda Babel Ingatkan Personel Tetap Jaga Netralitas Anggota Polri

Ia berharap dengan kesiapan yang sudah dilaksanakan selama ini, seluruh personel bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam melaksanakan pengamanan pemilu.

"Kami minta seluruh personel yang terlibat tidak ada lagi yang membuat pelanggaran sekecil apa pun," katanya.

Kepala Bidang Humas Polda Babel Kombes Jojo Sutarjo meminta seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024 agar selalu memantau situasi setiap tahapan dalam pemilu.

"Pelaksanaan Operasi Mantap Brata ini sudah memasuki tahapan penetapan daftar caleg, dengan prioritas kita sebagai anggota Polri yaitu mengamankan serta memantau situasi kamtibmas yang ada di Kantor KPU," kata Jojo.

Baca juga: Bangka Barat siapkan surat edaran jaga netralitas kepala desa

Ia meminta masing-masing satuan tugas (satgas) agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang telah ditentukan sejak sehingga bisa menghindari kemungkinan terjadinya kesalahan yang dapat merugikan atau mencederai netralitas sebagai anggota Polri.

"Ada beberapa kejadian di daerah lain terkait dengan masa tahapan pemilu, salah satunya ada dugaan personel memasuki kantor partai atau rumah pemenangan sehingga disalahartikan oleh pihak lain," katanya.

Untuk di Babel diinstruksikan agar para personel tidak ada yang memasuki rumah pemenangan atau kantor partai.

"Jaga selalu perilaku sikap agar tidak dianggap berpihak, hal ini dikarenakan kita sebagai anggota Polri wajib bersikap netral," katanya.

Baca juga: Bawaslu Babel ingatkan netralitas ASN

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023