Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Sosialisasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Industri sebagai upaya meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. 

Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Tarmin AB dalam sambutannya mengatakan, bahwa sertifikat TKDN merupakan bukti legalitas nilai TKDN sebuah produk. Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong pengoptimalan kewajiban penggunaan produk dalam negeri yang salah satunya dengan mensosialisasikan peraturan yang memuat kewajiban untuk menggunakan produk dalam negeri.

Pemprov Babel melalui Disperindag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mendukung pengoptimalan kewajiban penggunaan produk dalam negeri, salah satunya dengan mengadakan kegiatan ini 

"Sosialisasi TKDN Industri ini wujud nyata yang dilakukan oleh pemerintah daerah Provinsi Babel," katanya.

Melalui kegiatan Sosialisasi TKDN Industri ini Tarmin berharap para pelaku usaha industri dan Aparatur Sipil Negara dapat memahami pentingnya sertifikasi TKDN pada sebuah produk karena manfaatnya itu sebagai salah satu syarat dalam tender pengadaan barang dan jasa pemerintah. 

"Disini mereka akan mendapatkan preferensi harga dalam tender pengadaan barang dan jasa pemerintah, marketing tools untuk menawarkan produk anda kepada perusahaan yang mengikuti tender pemerintah. saya sangat berharap kegiatan sosialisasi pagi hari ini bermanfaat bagi kita semua," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Kabid Perencanaan dan Pembangunan Industri Disperindag Babel, Subekti Saputra menjelaskan maksud dan tujuan dari sosialisasi ini adalah memberikan wawasan kepada para Pelaku Usaha Industri dan Aparatur Sipil Negara tentang pentingnya sertifikasi TKDN pada produk Pelaku Industri sebagai salah satu syarat dalam tender pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan Sosialisasi TKDN Industri ini, menurutnya sebanyak tiga orang, yang berasal dari Pusdatin Kemenperin satu orang, dari KPP Pratama Pangkalpinang satu orang, dan PT. Surveyor Indonesia satu orang.

Kegiatan Sosialisasi TKDN Industri  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Kepulauan Bangka Belitung dilaksanakan selama satu hari yaitu tanggal 15 November 2023 bertempat di Bangka City Hotel Pangkalpinang.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023