Kepolisian Resor Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar aksi penanaman 100 pohon untuk menciptakan lingkungan yang hijau dan asri.

"Kegiatan ini menindaklanjuti perintah Kapolri yaitu penanaman pohon serentak bagi seluruh jajaran kepolisian," kata Kapolres Bangka Tengah AKBP Dwi Budi Murtiono di Koba, Kamis.

Dia menjelaskan, aksi penanaman 100 pohon tersebut menindaklanjuti Gerakan Nasional Revolusi Mental Polri untuk mewujudkan Gerakan Indonesia Bersatu, Gerakan Indonesia Bersih, dan Gerakan Indonesia Mandiri dengan mengusung tema "Penanaman Sepuluh Juta Pohon bersama Polri".

Pada kegiatan tersebut, Polres Kabupaten Bangka Tengah menggelar aksi penanaman 100 pohon di lingkungan kantor.

"Penanaman pohon ini dilaksanakan serentak seluruh Indonesia untuk menghijaukan negeri dengan melestarikan lingkungan hidup," katanya.

Ia juga mengatakan, dengan melakukan penghijauan melalui penanaman bibit pohon secara tidak langsung akan bisa dinikmati oleh penerus bangsa.

"Tentu bibit pohon beragam jenis ini tidak sekadar ditanam, tetapi juga harus dirawat hingga tumbuh dengan baik untuk pelestarian lingkungan," kata Kapolres

Penanaman pohon serentak tersebut juga dapat mendorong semangat dan peran aktif kepolisian dalam menjaga ekosistem dan keberlanjutan alam.

"Melalui aksi penghijauan sejak dini ini, kita berharap dapat memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan di masa depan," kata  Dwi Budi Murtiono.

Menurut dia, perubahan iklim juga menjadi alasan bagi Polri untuk melakukan gerakan menanam.

"Saya minta bibit pohon yang ditanam hari ini benar-benar dijaga agar memberikan manfaat lingkungan yang lestari bagi masyarakat pesisir," katanya..

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023