PT Timah Tbk menggencarkan Program Budidaya Ayam Arab Merawang Berwawasan Lingkungan (Budaya Menawan) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna meningkatkan ketahanan pangan keluarga untuk menekan inflasi di daerah itu.

"Kami berharap Program Budaya Menawan ini dapat membantu pemerintah daerah dalam menekan inflasi yang masih tinggi," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan Program Budaya Menawan merupakan Inovasi Sosial PT Timah melibatkan serta memberdayakan kelompok masyarkat bertujuan meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

Selain itu melalui program Budaya Menawan PT Timah Tbk sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan ibu rumah tangga yang tidak mempunyai penghasilan dan pemberdayaan ekonomi kelompok perempuan.

"Kemarin red-Jumat (17/11/2023), PT Timah Tbk memberikan bantuan Program Menawan ini kepada dua kelompok wanita Desa Air Limau dan Belo Laut di Kabupaten Bangka Barat dan program ini akan terus digencarkan untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga di lingkungan operasional perusahaan," katanya.

Ketua Kelompok Wanita Limau Jaya Supiawati mengaku banyak manfaat yang diperoleh dalam mengembangkan usaha peternakan ayam arab ini.

"Selama belajar program Budaya Menawan PT Timah, banyak manfaat yang kami dapatkan kami belajar Budidaya ayam dan sudah ada penghasilan tambahan. Kalau sebelumnya kami hanya ibu rumah tangga biasa, tidak ada pendapatan, hanya tergantung pendapatan suami," katanya.

Namun semenjak ada program ini, kami IRT sudah ada penghasilan tambahan untuk mensejahterakan keluarga kami," ujarnya.

Ketua Kelompok Wanita Perkasa Belo Laut Kamora mengatakan ilmu yang didapatkan dari program Budaya Budaya Menawan dapat menambah penghasilan keluarganya.

"Program Budaya Menawan ini sangat bagus, Mudah-mudahan kami bisa mandiri, bisa membantu suami, menambah penghasilan, mendapat ilmu, beternak ayam, bertanam tumbuh, pokoknya mantaplah," ucapnya.

Kepala Desa Air Limau Mexi Diansah mengaku senang dengan program Budaya Menawan PT Timah Tbk dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi warganya.

"Kami berharap warga yang menerima program ini dapat mempertahankan program PT Timah, mengajarkan atau mengimplementasikan dengan warga lainnya. Pemerintah desa mendukung dengan menyediakan sarana serta prasarana program Budaya Menawan ini," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023