Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulkauan Bangka Belitung, berencana menggelar festival tari kreasi baru untuk memancing kreativitas para pelaku seni sekaligus menambah khasanah budaya lokal.

"Festival Tari Kreasi Sejiran Setason akan digelar pada akhir Agustus 2016 dengan melibatkan seluruh sanggar seni tari yang ada di daerah," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, dan Informatika Kabupaten Bangka Barat Sukandi di Muntok, Sabtu.

Ia mengatakan ajang festival tahunan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk memancing dan memotivasi para pelaku seni tari agar secara terus menerus menuangkan ide-ide kreatifnya dalam berkesenian.

Dia menjelaskan pada tahun ini ada sedikit perubahan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena adanya perubahan pelaksanaan Festival Serumpun Sebalai Babel.

"Untuk tahun ini hanya juara pertama yang dikirim mewakili kabupaten ke Festival Serumpun Sebalai Babel, tidak seperti tahun sebelumnya yang selalu mengirim tiga sanggar juara," kata dia.

Ia menerangkan pelaksanaan Festival Serumpun Sebalai tahun ini dibuka untuk umum dan akan diikuti perwakilan seni tari kreasi dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Hingga saat ini kami mendapat kabar sudah 32 provinsi yang positif mengirim perwakilan ke pagelaran tersebut, jadi kuota peserta dari tingkat kabupaten/kota di Babel dikurangi," kata dia.

Dengan semakin berkembangnya pergelaran seni tari kreasi baru tingkat provinsi tersebut, ia berharap ke depan pelaksanaannya tidak hanya terpusat di Pangkalpinang, namun bisa digilir di seluruh kabupaten/kota se-Babel.

"Ini penting untuk memancing kreativitas pelaku seni yang ada di daerah agar terjadi pemerataan pembangunan bidang kesenian hingga ke pelosok," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016