Bawaslu Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyebutkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) merupakan partai politik peserta Pemilu 2024 di daerah itu yang pertama melaksanakan kegiatan kampanye.

"PSI Belitung adalah partai politik peserta Pemilu 2024 pertama yang melaksanakan kegiatan kampanye sesuai Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) yang mereka sampaikan," kata Ketua Bawaslu Belitung Rezeki Aris Munazar di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, tahapan masa kampanye Pemilu 2024 di daerah itu berlangsung mulai 28 November sampai 10 Februari mendatang.

Dikatakan dia, pada hari pertama pelaksanaan masa kampanye Pemilu 2024, Selasa (28/11) diketahui tidak ada partai politik peserta pemilu yang melaksanakan kegiatan kampanye.

Sedangkan pada hari kedua pelaksanaan masa kampanye Pemilu 2024, Rabu (29/11) Bawaslu Belitung menerima tembusan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) kegiatan kampanye yang dilaksanakan oleh PSI Belitung.

"Sesuai STTP yang kami terima ada dua kegiatan kampanye yang dilaksanakan oleh calon legislatif PSI Belitung yakni di Dapil Belitung III dan Dapil Belitung IV," ujarnya.

Baca juga: Bawaslu Belitung buka posko pengaduan pelanggaran kampanye Pemilu 2024

Ia memastikan, kegiatan kampanye tersebut mendapatkan pengawasan dari personel panwascam maupun pengawas kelurahan dan desa.

"Sesuai tugas kami siap mengawasi pelaksanaan kampanye Pemilu 2024 oleh anggota dan jajaran pengawas di lapangan," katanya.

Ia mengimbau partai politik dan calon legislatif peserta Pemilu 2024 dapat mematuhi aturan dan ketentuan kampanye sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 entang Kampanye Pemilihan Umum.

"Salah satunya adalah soal STTP yang harus disampaikan karena apabila kegiatan kampanye tidak ada STTP maka kegiatan kampanye tersebut dilarang untuk dilaksanakan," ujarnya.

Baca juga: Bawaslu Belitung ajak peserta pemilu wujudkan kampanye yang menggembirakan

Baca juga: Bawaslu Belitung wajibkan kegiatan kampanye kantongi STTP

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023