Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sukirman menyatakan seluruh tahapan pemilu yang sedang berjalan di daerah itu, berlangsung kondusif sehingga perlu terus dipertahankan agar masyarakat bisa tenang, aman, dan nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Kami mengakui pelaksanaan pemilihan umum di daerah ini selalu berjalan kondusif seperti pada periode-periode sebelumnya, tidak pernah terjadi permasalahan atau hal lain, apalagi sampai konflik masyarakat," kata Sukirman di Mentok, Senin.

Situasi keamanan dan ketertiban di Bangka Barat sampai sejauh ini terjaga kondusif karena masyarakat semakin dewasa dalam menyikapi pelaksanaan pemilu dan secara turun temurun selalu menjaga hidup damai dan penuh toleransi di tengah perbedaan yang ada dalam kehidupan sehari-hari warga setempat.

Baca juga: Tim gabungan di Bangka Barat giatkan patroli ciptakan pemilu damai

"Bangka Barat sampai dengan hari ini cukup kondusif, ini juga bukti seluruh lembaga kita telah berhasil, mulai dari KPU sebagai penyelenggara, Bawaslu, dan seluruh unsur Forkopimda bekerja dengan baik sesuai tugas dan fungsi masing-masing," katanya.

Menurut dia, deklarasi Pemilu Damai 2024 yang diinisiasi Bawaslu Kabupaten Bangka Barat beberapa hari lalu juga menjadi simbol dan komitmen bersama untuk mengawal pelaksanaan pemilu agar berjalan sesuai aturan sehingga menghasilkan pemilu yang sukses, aman, dan damai.

"Harapannya melalui deklarasi pemilu damai bisa menjadi langkah awal untuk menciptakan pemilu yang sukses tahun 2024," katanya.

Baca juga: Peserta Pemilu 2024 di Belitung bacakan deklarasi kampanye damai

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Deni Ferdian mengajak seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu untuk selalu bekerja sama menciptakan suasana aman, tertib dan damai. 

"Mari kita saling bekerja sama, sehingga Pemilu 2024 dapat menjadi bukti masyarakat telah semakin cerdas dalam berpolitik, sekaligus menjadi perayaan atas kedewasaan kita sebagai bangsa Indonesia," kata Deni.

Menurut dia, pemilu damai tidak semata-mata dimaknai sebagai slogan. melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama seluruh rangkaian tahapan Pemilu 2024.

Baca juga: Bupati Belitung ajak wujudkan Pemilu 2024 damai dan kondusif

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023