Tim gabungan tiga pilar di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggiatkan patroli guna menciptakan pelaksanaan seluruh tahapan Pemilu 2024 dalam situasi dan kondisi aman serta damai.

"Patroli preventif ini kami laksanakan untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat berjalan kondusif, kami berharap kehadiran tim di tengah masyarakat memberikan ketenangan sehingga masyarakat tetap bisa menjalankan aktivitas produktif," kata Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis di Mentok, Minggu.

Ia mengatakan tim gabungan yang terdiri dari personel Polres Bangka Barat, prajurit TNI Angkatan Darat Kodim 0431/BB dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka Barat secara rutin berkala melakukan patroli bersama, seperti yang dilaksanakan pada Sabtu (2/12) malam.

Mereka berpatroli dengan mendatangi langsung kantor penyelenggara pemilu, Badan Pengawas Pemilu Daerah setempat, gudang logistik untuk memastikan seluruh proses pengamanan berjalan dengan baik dan sesuai standar operasional.

"Dalam hal pengamanan gudang logistik dan kantor KPU dan Bawaslu Bangka Barat sudah ada kerja sama pengamanan dengan Polres Bangka Barat sehingga pengamanan lokasi penting tersebut bisa berjalan dengan baik, aman dan tertib," ujarnya.

Baca juga: Peserta Pemilu 2024 di Belitung bacakan deklarasi kampanye damai

Selain tiga lokasi vital itu, tim juga melanjutkan patroli di sejumlah lokasi yang dinilai rawan, seperti objek wisata, tempat keramaian, tempat kumpul warga pada malam hari dan sejumlah lokasi rawan lainnya.

"Kami memberikan apresiasi kepada seluruh petugas yang terlibat atas komitmen dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Sinergisitas antara aparat keamanan, TNI, dan pemerintah daerah menjadi landasan utama, diharapkan menciptakan suasana yang tenang dan kondusif pada pelaksanaan Pemilu 2024," katanya.

Patroli gabungan ini juga merupakan salah satu bukti keseriusan dan kesiapan kerja sama antara TNI, Polri dan Pemkab bangka Barat dalam menjamin suksesnya pelaksanaan pemilu.

"Kami mengajak masyarakat untuk bekerja sama menjaga lingkungan masing-masing agar suasana kondusif dapat terus dipertahankan untuk menciptakan pemilu yang aman dan lancar di Kabupaten Bangka Barat," katanya.

Selain mengoptimalkan peran tim gabungan, Polres Bangka barat juga secara rutin menggelar patroli dialogis yang dilaksanakan para personel Operasi Mantap Brata Menumbing 2023-2024.

Baca juga: Bupati Belitung ajak wujudkan Pemilu 2024 damai dan kondusif

Tim Operasi Mantap Brata Polres Bangka Barat menggelar patroli dialogis dengan mendatangi langsung warga atau kerumunan warga di beberapa tempat padat penduduk yang bertujuan untuk memperkuat interaksi langsung antara polisi dengan masyarakat.

Dalam patroli ini, personel polisi memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat sekaligus mendengarkan aspirasi serta kebutuhan yang diutarakan oleh masyarakat seputar situasi keamanan dan antisipasi potensi gangguan kamtibmas selama proses pemilu.

Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk memberikan edukasi terkait pentingnya menjaga keamanan, menjauhi potensi konflik.

"Kehadiran kami di tengah warga diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan hak pilihnya nanti, tanpa adanya gangguan atau intimidasi sehingga tahapan Pemilu 2024 berjalan lancar dan aman," katanya.

Baca juga: Bawaslu Bangka Barat pastikan pemilu damai bukan sekadar slogan

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023