Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA mendukung Pertamina Sumbagsel menerapkan pendistribusian BBM jenis solar subsidi sistem digital khusus truk angkutan sembako, guna mengoptimalkan pengawasan dan pendistribusian sembako ke masyarakat.

"Dengan adanya sistem ini tentunya pendistribusian solar bersubsidi ini lebih tepat sasaran dan manfaat untuk meningkatkan pendistribusian sembako ke masyarakat," kata Safrizal ZA di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menyarankan Pertamina Sumbagsel di Provinsi Kepulauan Babel agar aplikasi pendistribusian dan pengawasan BBM khusus truk angkutan sembako ini juga dilengkapi pendeteksi semacam GPS, guna mendeteksi operasional truk-truk bermuatan sembako tersebut.  

"Nanti kalau bisa di aplikasinya itu mendeteksi, truk-truk ini kemana saja. Jangan nanti malah pergi ke pantai atau ke tempat yang memang bukan jalur kerjanya. Solar yang seharusnya bisa digunakan sampai Mentok Bangka Barat malah kurang," ujarnya.

Sales Area Manager Pertamina Bangka Belitung Adeka Sangtraga Hitapriya mengatakan saat ini Pertamina sedang mendevelop aplikasi yang bertujuan untuk mengawasi konsumsi solar bersubsidi khusus supir truk sembako, guna mempermudah serta mendisiplinkan orang-orang yang mungkin saja akan bertindak curang.

"Kami masih dalam proses develop aplikasinya. Mungkin butuh waktu sekitar tiga bulanan dan semoga bisa lebih cepat," katanya.

Menurut dia aplikasi ini juga untuk membantu mengawasi serta mengamankan ketersediaan BBM bersubsidi di masyarakat.

"Kami tidak hanya menerapkan pengawasan secara digital, tetapi juga pihaknya baru saja menandatangani MoU bersama Badan Intelejen Negara dan akan dilanjutkan kerja sama dengan Polda dan Korem di Babel," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023