Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) 2023.

Bupati Belitung Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Sabtu mengatakan Rakernas KEK tersebut akan berlangsung mulai 12-13 Desember mendatang.

"Rakernas KEK 2023 akan dihadiri oleh para pemangku kepentingan KEK, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun pelaku usaha dari seluruh KEK di Indonesia," katanya. 

Menurut dia, Rakernas ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan KEK di Indonesia dan menyusun strategi guna meningkatkan kinerja KEK dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kami atas nama pemerintah daerah menyambut baik terpilihnya Belitung sebagai tuan rumah Rakernas KEK 2023," ujarnya.

Ia berpendapat, Rakernas KEK 2023 merupakan kesempatan bagi Belitung untuk kembali mempromosikan potensi yang dimiliki sebagai KEK yang berdaya saing.

Disampaikannya, KEK Tanjung Kelayang merupakan salah satu KEK di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan merupakan bagian dari Belitong UNESCO Global Geopark (UGG).

Selain itu, lanjut dia, KEK Tanjung Kelayang memiliki berbagai keunggulan, antara lain lokasi yang strategis, dekat dari Jakarta dan Singapura, serta dukungan pemerintah daerah yang kuat.

"Pada Rakernas KEK 2023 akan dibahas berbagai isu penting terkait pengembangan KEK, antara lain aksesibilitas penerbangan udara sebagai kunci sukses pengembangan destinasi dan investasi pariwisata," katanya.

Ia berharap, Rakernas KEK 2023 diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi guna meningkatkan frekuensi penerbangan menuju Belitung serta meningkatkan kinerja KEK di Indonesia dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kami berharap melalui Rakernas KEK 2023 ini memberikan dampak yang positif bagi kemajuan pariwisata di Belitung," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023