Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan lomba kelurahan bersih sebagai langkah mencegah berbagai penyakit dan banjir selama musim hujan daerah dengan sebutan "Kota Beribu Senyuman" itu.

"Hari ini tim penilai melakukan penilaian untuk menentukan kelurahan terbersih," kata Penjabat Wali Kota Pangkalinang Lusje Anneke Tabalujan di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan lomba kelurahan bersih sebagai langkah Pemkot Pangkalpinang meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mengatasi masalah kebersihan yang akan menimbulkan berbagai penyakit musiman, banjir. dan genangan air selama musim hujan ini.

"Tim penilai yang diketuai Inspektorat Kota Pangkalpinang berkeliling ke seluruh kelurahan untuk menentukan kelurahan terbersih tahun ini," ujarnya.

Dia menjelaskan penilaian kebersihan tidak dapat dilakukan hanya satu hari sebab untuk memastikan kebersihan lingkungan tersebut dibutuhkan peninjauan minimal satu pekan.

“Saya sudah minta ke Inspektorat. Dari inspektorat juga sudah rapat dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk menilai dari kelurahan mana paling bersih. Tidak bisa hanya dilakukan sehari saja tetapi bisa seminggu dan selama tujuh hari tersebut tim berkeliling untuk menilai,” katanya.

Ia bersyukur dengan adanya kegiatan lomba ini, karena Kota Pangkalpinang semakin lebih bersih dan diharapkan kondisi ini terus ditingkatkan.

"Sejak saya bertugas di Pangkalpinang, kota ini sudah semakin bersih," kata Lusje Anneke Tabalujan yang mulai bertugas sebagai Pj Wali Kota Pangkalpinang pada awal November 2023.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023