Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang melaksanakan Apel Siaga SAR Khusus dalam rangka Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Perayaan natal 2023 dan tahun baru 2024 pada tahun ini kemungkinan akan lebih padat pengunjung yang ingin melakukan aktivitas perjalanan baik dari dalam keluar, maupun dari luar menuju dalam. Khususnya pada wilayah Kepulauan Bangka Belitung yang didominasi oleh perairan, Maka pada akhir tahun ini, kemungkinan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas masyarakat yang akan melaksanakan aktivitas perjalanan. Sehingga dengan bertambahnya aktivitas mobilitas masyarakat tinggi maka resiko kecelakaan dalam bertransportasi juga akan semakin tinggi, maka dari pada itu kita akan menempatkan personel dan alat utama (Alut) SAR di lokasi-lokasi strategis yang rawan terjadinya kecelakaan dan bencana di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Adapun titik-titik yang akan menjadi fokus, yakni pelabuhan, bandara, Posko Terpadu, dan tempat-tempat wisata yang menjadi titik ramai nya masyarakat beraktivitas." Kata I Made Oka Astawa saat memimpin Apel Siaga SAR Khusus di halaman utama Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, Senin (18/12).

Ia mengatakan siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang dilaksanakan Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, juga turut melibatkan unit-unit siaga SAR serta Pos SAR yang tersebar di wilayah Bangka Belitung.

“Sehingga Basarnas melaksanakan siaga SAR khusus Nataru 2024 dengan menempatkan personel dan alut di lokasi-lokasi strategis yang rawan laka dan bencana di pelabuhan, bandara, Posko Terpadu, dan tempat wisata,” ujarnya. 

Ia melanjutkan, tujuan dari kegiatan Siaga SAR khusus Natal dan Tahun baru yakni mempercepat respon time dan memberikan rasa aman serta aman kepada para masyarakat yang mudik dan merayakan natal dan tahun baru 2024. Waktu pelaksanaan Siaga Khusus Natal dan Tahun Baru, yakni 18 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024,untuk lokasi yakni semua pelabuhan, Bandara, Objek wisata yang ada Bangka Belitung. Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang mengerahkan 68 Personil dengan sarana dan prasarana sebagai berikut: 

SARANA LAUT : KN SAR Karna 1 Unit, RB 01 1 unit, RBB 01 1 Unit, RIB 4 unit, Jetsky 2 unit, Rubber Boat 18 Unit.

SARANA DARAT : Rescue Truck/Personel, Rescue CAR, Rescue Compartment, Recue Trail, ATV, dll.

SARANA UDARA : Drone.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023