Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyosialisasikan pemilu partisipatif kepada masyarakat yang tinggal di tiga desa terpencil.

"Sosialisasi ini kita gelar dalam rangka mengedukasi warga dan mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024," kata Anggota KPU Bangka Tengah Andriyandi di Koba, Sabtu.

KPU Bangka Tengah memilih tiga desa yang menjadi lokasi fokus (lokus) kegiatan sosialisasi, yaitu Desa Simpang Perlang (Kecamatan Koba), Desa Air Kuning (Kecamatan Simpangkatis) dan Dusun Pulau Nangka (Kecamatan Sungaiselan).

"Tiga desa ini memang menjadi titik fokus kami dalam melakukan kegiatan sosialisasi dengan memberikan edukasi tentang kepemiluan," ujarnya.

Andriyandi juga mengatakan, sosialisasi tentang Pemilu 2024 terus digencar menjelang hari pencoblosan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Dalam kegiatan sosialisasi itu, KPU Bangka Tengah juga melakukan simulasi kepada warga terkait tata cara dalam menggunakan hak suara mereka dan juga mengingatkan warga tidak bersikap golput.

"Kita tidak menemukan kendala selama kegiatan sosialisasi, malah antusiasme warga terlihat saat tim dari KPU datang menyambangi rumah-rumah penduduk," ujarnya.

KPU Bangka Tengah berharap dengan kegiatan sosialisasi tersebut, dapat mengatasi kendala terkait dengan geografis dan infrastuktur di daerah terpencil.

"Sosialisasi ini juga sekaligus memastikan bahwa hak suara warga yang tinggal di daerah terpencil tidak terabaikan dalam Pemilu 2024," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023