PT Pupuk Indonesia (Persero) mengumumkan 24 pemenang kompetisi karya jurnalistik Pupuk Indonesia Media Award (PIMA) 2023. Keseluruhan pemenang dipilih berdasarkan penilaian oleh Dewan Juri yang berasal dari unsur pemimpin redaksi media nasional dan wartawan senior.

SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana dalam keterangan pers yang diterima Antara Babel di Pangkalpinang, Jumat (29/12/2023) menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan pers yang telah berpartisipasi pada PIMA 2023. Dari empat kategori lomba, yaitu Media Cetak, Media Online, Media Televisi, dan Photo Essay, tercatat 269 karya jurnalistik yang dibuat oleh 151 wartawan dari seluruh Indonesia mengikuti PIMA 2023. Para pemenang berhak mendapatkan hadiah total sebesar Rp 210 juta.

"Di tahun kedua penyelenggaraan PIMA, kompetisi menjadi semakin kompetitif, karena diikuti oleh media nasional dan daerah. Semakin menarik lagi karena pada tahun ini ada peserta dari media internasional. Kami ucapkan selamat kepada para pemenang," terang Wijaya. 

PIMA merupakan program kompetisi karya jurnalistik bagi wartawan tingkat nasional maupun daerah. Ratusan karya yang masuk merupakan penayangan selama periode 1 Oktober hingga 30 November 2023. PIMA 2023 mengambil tema “Pupuk Indonesia Dukung Ketahanan Pangan & Ciptakan Masa Depan Baru Melalui Pengembangan Industri Petrokimia”. Lewat program ini Pupuk Indonesia bermaksud untuk mengenalkan lebih jauh peran Perusahaan beserta anak perusahaan di industri pupuk dalam menopang ketahanan pangan nasional.

Program apresiasi karya jurnalistik ini juga meliputi kinerja dan aktivitas operasional dari kesepuluh anak perusahaan. Adapun kesepuluh anak usaha Pupuk Indonesia adalah PT Pupuk Iskandar Muda, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT Pupuk Kujang Cikampek, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Petrokimia Gresik, PT Rekayasa Industri, PT Pupuk Indonesia Niaga, PT Pupuk Indonesia Utilitas, PT Pupuk Indonesia Pangan, dan PT Pupuk Indonesia Logistik.

"Tingginya animo ini, menjadi bukti program-program perusahaan yang inovatif didukung dengan strategi komunikasi yang mumpuni akan menjadi materi pemberitaan yang menarik. Kami berterima kasih kepada rekan-rekan media atas dukungannya kepada Perusahaan selama ini," ungkapnya. 

PIMA 2023 menetapkan pemenang untuk masing-masing kategori sebagai berikut:

Kategori Media Cetak

Karya jurnalistik terbaik atau Juara I diraih oleh Maulana Sandijaya (dari Jawa Pos Radar Bali), Juara II Abdullah Fikri (Harian Kompas) dan Juara III Fredikus (Koran Jakarta). Untuk pemenang Harapan I, II dan III masing-masing diraih oleh Slemen Martin (Tribun Sumsel), Irma Yulia (Rakyat Merdeka) dan Hendri Nova (Singgalang).

Kategori Media Online

Karya jurnalistik terbaik atau Juara I diraih Agustina Purwanti (Harian Kompas/Kompas.id), Juara II Dionisius Lagaama R. (Pos Kupang), dan Juara III Ilyas Istianur (Liputan6). Adapun peraih Harapan I Achmad Dwi (Detik.com), Harapan II Suparjo Ramalan (INews), dan Harapan III Rendi Fadilah (sumateraekspres.id).

Kategori Media Televisi

Karya jurnalistik yang ditetapkan sebagai Juara I adalah karya dari Nurohman (CNBC Indonesia Televisi), Juara II Nata Arman (MNCTV) dan Juara III Ajat Hutdiyanto (CNBC Indonesia Televisi). Bagi pemenang Harapan I, II dan III diberikan untuk karya jurnalistik dari Sholihul Huda (Metro TV), Budi Wahyudi (RCTI), Agus Ismanto (iNews Media Group).

Kategori Photo Essay

Sementara kategori terakhir adalah Photo Essay, dimana Juara I dianugerahkan kepada Idris (Palopos.id), Juara II Muhammad Hatta (Viralsumsel.com), Juara III Amston (Tempo). Sementara pemenang Harapan I adalah Evan Zunarti (Sumatera Ekspres), Harapan II Syahrul Hidayat (Sriwijaya Post), Dwi Prambudo (Rakyat Merdeka).
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023