Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hingga Desember 2023 sudah merampungkan 80 persen proyek pembangunan fisik.

"Sebesar 80 persen proyek fisik sudah kita selesaikan dengan serapan anggaran Rp86,9 miliar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Pertanahan, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRP2RKP) Kabupaten Belitung Timur Idwan Fikri di Manggar, Jumat.

Anggaran sebesar itu diperuntukkan bagi kegiatan pengelolaan sumber daya air, pengelolaan dan pengembangan sistem penyediaan air minum, sistem air limbah, sistem drainase, penataan gedung, penataan bangunan dan lingkungannya, penyelenggaraan jalan, penataan ruang hingga perumahan dan permukiman.

"Semua kegiatan kita tahun ini terlaksana. Tidak ada pembatalan kegiatan, semuanya selesai dilaksanakan,” ujar Idwan.

Dari total anggaran kegiatan DPUPRP2RKP paling banyak tersedot di Program Penyelenggaraan Jalan Kabupaten/Kota senilai Rp52.821.010.225, di mana di dalamnya terdapat pekerjaan rekonstruksi jalan senilai Rp22.981.997.243 dan pemeliharaan berkala jalan Rp9.464.007.500.

"Kebetulan tahun ini kita juga ada Dana Strategis Daerah, lima ada di DPUPRP2RKP, empat untuk jalan dan satu untuk drainase,” kata Idwan.

Meski hampir seluruh kegiatan pada 2023 sudah selesai, namun serapan anggaran DPUPRP2RKP tidak akan bisa mencapai 100 persen. Namun kembali ditekankannya Silpa bukan lantaran kegiatan tak berjalan.

"Sekarang sudah 80 persen, mudah-mudahan bisa 90 persen. Tidak bisa serapan hampir 100 persen karena kegiatan kita memang banyak yang dilelang,” jelas Idwan.

Kegiatan dengan metode lelang akan membuat Silpa bertambah, namun di satu sisi akan menghemat keuangan daerah. Mengingat banyak kegiatan lelang proyek nilainya berada di bawah pagu anggaran.

“Bukan karena kegiatan kita tidak jalan. Paling kita dan pihak-pihak yang sudah ditunjuk untuk supervisi mesti lebih ekstra pengawasan untuk memastikan pekerjaan yang mereka lakukan kualitasnya baik,” ujar Idwan.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023