Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, telah menyiapkan acara pelantikan Pj Bupati Belitung, Yuspian yang akan berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Belitung, Minggu (31/12).

"Tiga hari lalu saya ditelepon biro pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kami diminta untuk mempersiapkan ruangan, perlengkapan, dan sarana prasarana termasuk rohaniawan dan pemandu acara," kata Sekretaris Daerah Belitung, MZ Hendra Caya di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, acara pelantikan Pj Bupati Belitung, Yuspian merupakan agenda Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang diwakilkan kepada Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA.

Ia mengatakan, dengan demikian acara pelantikan Pj Bupati Belitung merupakan agenda Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan pemerintah daerah hanya diminta untuk mempersiapkan tempat serta perlengkapan acara.

"Perlu dicatat ini adalah kegiatan pemerintah provinsi. Mengapa saya tegaskan seperti ini karena sudah banyak timbul pertanyaan soal tamu undangan salah satunya adalah tokoh masyarakat yang diundang hanya enam orang," ujarnya. 

Baca juga: Sekda Belitung benarkan kabar rencana pelantikan Pj bupati

Ia menambahkan, mengenai tamu undangan yang hadir dalam pelantikan Pj Bupati Belitung sepenuhnya menjadi ranah atau wewenang pemerintah provinsi.

"Ada sebagian yang menyampaikan kepada kami minta diundang di acara pelantikan saya katakan tidak bisa karena kami hanya diminta mempersiapkan ruangan dan perlengkapan acara," katanya. 

Sekda menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan Gedung Serba Guna (GSG) yang nantinya akan digunakan sebagai lokasi acara pelantikan Pj Bupati Belitung.

"Sebelum acara pelantikan juga akan ada kegiatan gladi bersih jadi kami sudah siapkan dan bersihkan ruangan GSG," ujarnya. 

Disampaikannya, acara pelantikan Pj Bupati Belitung akan berlangsung pada, Minggu (31/12) pukul 08.00 WIB.

"Kami akan menyesuaikan dengan acara jalan santai dan gowes bersama di pantai Tanjung Pendam usai melepas peserta jalan santai langsung ke acara pelantikan," katanya.

Sedangkan pada malam hari, lanjut dia, pemerintah daerah telah menyiapkan kegiatan malam puncak perpisahan Bupati Belitung Sahani Saleh dan Wakil Bupati Belitung di kawasan Bundaran Tugu Satam. 

"Perlu diingat acara mulai dari pagi (gowes jalan santai) sampai malam (perpisahan) itu adalah acara Sahani Saleh dan Isyak Meirobie mereka 'Betare' atau pamit kepada masyarakat, kalau acara ramah tamah Pj itu nanti, tapi malam itu khusus acara 'Besame Betare'," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023