Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengerahkan sebanyak 30 personel guna mengamankan perayaan malam pergantian tahun di daerah itu.

"Kami mengerahkan sebanyak 30 personel untuk mengamankan malam pergantian tahun di titik-titik dan pusat berkumpulnya masyarakat," kata Kepala Dinas Perhubungan Belitung, Ramansyah di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, sebanyak 30 personel tersebut ditempatkan di Posko Pelayanan dan Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 seperti di terminal Tanjung Pandan (depan kantor Subdenpom Persiapan Belitung) dan posko pelayanan Operasi Lilin Menumbing 2023 lainnya yang tersebar di wilayah itu.

"Mereka bertugas memberikan pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat di malam pergantian tahun," ujarnya.

Selain itu, kata Ramansyah, sejumlah personel juga ditempatkan di titik-titik lainnya guna mengatur lalulintas serta mengantisipasi terjadinya kemacetan di perayaan malam pergantian tahun.

"Titik berkumpul masyarakat saat malam pergantian tahun terpusat di kawasan Bundaran Tugu Satam karena di situ ada acara perpisahan Bupati dan Wakil Bupati Belitung," katanya.

Dikatakan Ramansyah, Dishub Belitung bersama Satlantas Polres Belitung sebelumnya telah berkoordinasi dalam melakukan rekayasa lalulintas di daerah itu pada saat malam pergantian tahun.

"Rekayasa lalulintas di malam pergantian tahun ini merupakan hasil kolaborasi Dishub Belitung dan Satlantas Polres Belitung. Sehingga nanti ada beberapa jalan yang dialihkan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan," ujarnya.

Ia mengimbau, masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban dalam berlalulintas pada saat malam pergantian tahun, guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

"Kami imbau masyarakat tidak berlebihan dalam merayakan tahun baru dan patuhi aturan dalam berkendara guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023